Kapolda Resmikan 3 Pospol

Senin 12-06-2017,23:49 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

KEPAHIANG, CE - Kunjungan kedua kalinya Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coky Manurung SH kali ini dengan agenda meresmikan tiga Pos Polisi (Pospol) di Kabupaten Kepahiang pada Sabtu (10/06) kemarin. Kedatangan Kapolda disambut secara adat oleh Kapolres Kepahiang AKBP Ady Savart Penataran Simanjuntak SH SIk didampingi Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM,

Kajari Kepahiang H. Wargo SH, Ketua DPRD H Badarudin AMd, Dandim 0409 RL Letkol Kav Hendra Setiawan Nuryahya SH, serta mantan Bupati Kepahiang Periode 2009-2015 Dr H Bando Amin C Kader MM, Sekda Zamzami Zubir SE MM. Tiga Pospol yang diresmikan Kapolda yakni Pospol Merigi, Pospol Muara Kemumu dan Pospol Seberang Musi.

Sebagai simbolisasi dilakukan peresmian di Pospol Merigi. Dalam Penyambutan Kapolda Bengkulu dan Ketua Bhayangkari Provinsi Bengkulu serta pejabat utama Polda Bengkulu dilakukan dengan tarian adat setempat dan sekadar sirih dimana dalam bahasa adat Merigi disebut penyambutan tamu agung atau tamu kehormatan. Lalu setelah itu dilakukan acara peresmian dengan membuka papa nama,

penandatanganan prasasti dan pemotongan pita serta pemeriksaan ruangan Pospol. Dan terakhir penyerahan cendramata dari kapolda Bengkulu kepada bupati Kepahiang, ketua DPRD dan kepada Bando Amin C Kader.  Dalam sambutannya Kapolda menyampaikan ucapan terima kasih. "Saya ucapkan terima kasih kepada bupati dan ketua DPRD Kepahiang yang sudah memberikan hibah kepada institusi kepolisian. Ini bangunan bukan seperti Pospol lagi tetapi sudah cocok untuk kantor Polsek," sampai Kapolda Bengkulu.

Dalam sambutanya ia akan memikirkan dan perjuangkan permintaan Bupati Kepahiang dan Kapolres Kepahiang AKBP Ady Savart Penataran Simanjuntak SH Sik agar Pospol tersebut ditingkatkan statusnya menjadi Polsek atau setidaknya Subsektor. Dan mudah-mudahan harapan tersebut bisa terealisasi pada akhir tahun ini atau setidaknya dimasa jabatannya.

"Saya minta kepada kapolres untuk mengaktifkan Pospol ini, jangan sudah Diresmikan malah tidak ada petugas jaga ya, untuk bantu tugas saya sudah kirim 20 personil tambahan ke Polres Kepahiang," terang Kapolda Coky.  Sementara itu, Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Syahid MM mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Kepahiang dan masyarakat Kabupaten Kepahiang mengucapkan terima kasih kepada kapolda Bengkulu dan rombongan sudah berkunjung dan meresmikan tiga Pos Polisi ini. Harapannya dengan berdirinya Pospol ini bisa menekan angka kejahatan di Kabupaten Kepahiang.

"Kami berharap betul Pospol ini bisa ditingkatkan menjadi Polsek atau setidaknya subpolsek, agar bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan dan menjaga keamanan," ujar bupati.  Bupati juga berharap kerjasama antara kepolisian dengan Pemda Kepahiang bisa terus terjalin dimasa depan. "Kami juga berapa kedepan Polres Kepahiang selalu kerjasama dengan Pemda Kepahiang," singkatnya.

Terakhir Kapolres Kepahiang melaporkan bahwa pembangunan satu unit Pospol ini menelan anggaran Rp 750 Juta/Unit. Pembangunan dilakukan pada masa Bupati Bando Amin C Kader tetapi baru bisa diaktifkan pada masa Bupati Hidayatullah Syahid. "Terima kasih juga nanti akan dapat hebat dari Pemda yakni pengaspal untuk tiap-tiap Polsek," papar Kapolres.

Ia juga menambahkan Pospol ini akan diisi oleh Banbinsa yang ada disetiap kecamatan wilayah hukum Pospol dan tambah personil bantuan dari Polda Bengkulu. Untuk memberikan rasa nyaman petugas Pemda Kepahiang juga memberikan hibah perabot lengkap seperti meja, kursi, televisi, penerangan serta perabotan lain disetiap Pospol.

"Pospol ini saya laporkan jenderal, dibangun pada posisi strategis dimana tingkat kejahatan seperti curanmor, curat dan curah serta narkoba akan melintasi jalur ini, "demikian Kapolres Kepahiang. (CE3)

Tags :
Kategori :

Terkait