OPD Wajib Sholat Gerhana Bulan

Rabu 31-01-2018,13:40 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - Sholat gerhana bulan yang akan dilaksanakan pada hari Rabu (31/1) tepatnya pada jam 19.10 WIB di masjid Agung. Seluruh masyarakat, dan OPD diwajibkan untuk mengikuti sholat gerhana bulan yang akan dilaksanakan secara massal. Imbauan ini disampaikan oleh Bupati Rejang Lebong DR (HC)H Ahmad Hijazi SH MSI untuk seluruh ASN yang ada di seluruh OPD dan ASN di seluruh Pemkab Rejang Lebong.

"Pelaksanaan sholat gerhana bulan ini wajib dilakukan oleh seluruh masyarakat Rejang Lebong, namun disini saya tegaskan untuk seluruh ASN di lingkungan Pemkab rejang Lebong dan OPD se Rejang Lebong untuk berkumpul di Masjid Agung untuk melaksanakan sholat gerhana bulan secara berjamaah disana," sampainya.

Bupati juga meminta dengan adanya penomena alam yang hanya muncul 100 tahun sekali ini dapat dijadikan sebagai peningkatan iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, serta memperbanyak rasa syukur terhadap Nya.

"Semua kita wajib bersyukur, karena penomena alam 100 tahun sekali terjadi ini, dapat kita jadikan sebagai bentuk syukur kita kepada tuhan, karena kita masih diberikan kesempatan untuk melihat dan merasakan penomena alam ini, dan mampu meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, " ujarnya.

Terkait dengan hal tersebut, ia berharap masyarakat Rejang Lebong mampu menjadi pribadi yang bertawakal, serta mampu menjauhi semua bentuk kemaksiatan, yang dikhawatirkannya akan adanya azab tuhan jika masyarakat di Rejang Lebong khususnya selalu melakukan kemaksiatan tersebut.

"Bagi masyarakat Rejang Lebong kita sama-sama berbenah diri supaya tetap dijalan tuhan, jauhi semua maksiat karena kita takut akan azab, sedangkan azab tuhan sangat pedih, dan saat ini sudah nyata sekali terjadi bencana dimana-mana, kita harapkan tidak terjadi di Rejang Lebong," pungkasnya.

Disisi lain, Kepala Kemenag RL, Drs H Tasri MA mengatakan seruan untuk sholat gerhana sudah dilakukan melalui pengurus masjid-masjid termasuk kantor urusan agama di 15 kecamatan.

"Imbauan sudah kita sampaikan kepada masjid-masjid dan kua di 15 Kecamatan di RL," ujarnya saat ditemui Curup Ekspress di ruang kerjanya kemarin.

Disampaikannya bahwa imbauan tersebut juga disampaikan melalui surat edaran dari Kemenag RI termasuk tata cara pelaksanaaan sholat gerhana bulan total. Menurutnya, gerhana bulan total yang juga kemungkinan akan terlihat di Kabupaten RL dan merupakan sebuah peristiwa alam yang hingga ratusan tahun belum terjadi lagi.

"Baik tata pelaksanaan sholat juga sudah disampaikan melalui surat edaran," sampainya. Sementara itu pihaknya juga mengatakan bahwa dari sisi peristiwa alam berupa gerhana bulan total ini untuk meyakininya untuk ibadah semata-mata karena Allah SWT. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak untuk beramai-ramai kemasjid melaksanakan sholat gerhana bulan total.

"Dari pihak Kemenag RL nantinya akan sholat di Masjid Baitul Makmur Curup," tandasnya. (CE5/CE6)

Tags :
Kategori :

Terkait