Warga Jangan Takut Kerja di Luar Negeri

Jumat 06-04-2018,21:08 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Rejang Lebong dan TP3TKI Palembang pada Kamis (5/4) kemarin melaksanakan dosialisasi tentang pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri (LN). Seperti diungkapkan Kepala Disnakertrans Rejang Lebong, Dwi Purnamasari SSos MM bahwa dalam kegiatan tersebut pada intinya untuk memberikan pengiformasian kepada masyaraakt bahwasanya bekerja di luar negeri tersebut bukanlah hal yangmenakutkan. Akan tetapi memang ada jaminan penuh dari pemerintah terkait dengan pengiriman PMI ke luar negeri.

"Intinya yang ingin kita sampaikan hari ini (kemarin, red) agar jangan masyarakat berfikiran kalau yang diberangkatkan keluar negeri itu selamanya teraniaya dan selamanya yang diberangkatkan itu adalah pembantu rumah tangga.Karena memang kita sendiri untuk saat ini tidak mau mengurusi apabila pemberangkatan ke luar negeri tersebut adalah untuk bekerja sebagai pembantu, dan pada intinya kami

menjamin kesehatan dan juga keselamatan pekerja selama ia bernagkat dengan jalur yang resmi," urainya. Dikatakan Dwi perubahan mindset masyaraakt terhadap informasi negatif terhadap keberangkatan PMI inilah yag saat ini ingin dihapuskan dan dirubah di masyarakat. Pasalnya banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh PMI yang memang siap untuk diberangkatkan bekerja di luar negeri sendiri.

Terpisah, perwakilan TP3TKI Palembang, Sri Haryanti mengatakan bahwa dengan edukasi dan penginformasian yang diberikan kepada masyarakat terkait dengan pemberangkatan PMI sendiri diharapakan akan dapat memberikan pesan kepada masayarakat bahwasanya PMI sendiri terlindungi oleh pemerintah.

Kegiatan sosialisasi itu snediri diikuti sekitar 60 peserta. Dimana kegiatan sendiri dilaksanakan di Desa Air Merah Kecamatan Curup Tengah. (CE2)

Tags :
Kategori :

Terkait