Jelang HUT Curup ke-138, Angkat Budaya Wisata RL

Senin 21-05-2018,15:39 WIB
Reporter : Curup Ekspress
Editor : Curup Ekspress

CURUP, CE - HUT Curup ke-138 kali ini akan mengangkat tema kebudayaan yang diselaraskan dengan wisata yang ada di Rejang Lebong. Terutama yang lebih menonjolkan seni adat istiadat Rejang Lebong dan bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang sesuai dengan visi misi Pemkab Rejang Lebong. hal tersebut terlihat banyaknya kegiatan yang dalam hut kota curup yang mengangkat kebudayaan Rejang Lebong yang hampir hilang.

"Untuk tahun ini tema yang akan diusung adalah adat kebudayaan, atau kedurek agung," ujar paitia HUT Curupo, Siman SH MM.

Dikatakan Siman tema kebudayaan dan wisata diangkat untuk kembali kekayaan budaya yang ada di Rejang Lebong, yang hampir tidak terlihat, serta hal tersebut untuk mendukung visi misi pemkab Rejang Lebong, kota wisata, Pendidikan , dan Religius. Pasalnya banyak kegiatan yang ditambahkan di luar agenda rutin yang harus dilakukan, yang menonjolkan budaya yang ada di kabupaten Rejang Lebong.

"Semua kegiatan lebih menonjolkan ke kebudayaan dan wisata, sehingga dengan ini masyarakat kabupaten Rejang Lebong dan sekitarnya dapat melihat dan mengingat kembali budaya yang ada," terangnya.

Adapun kegiatan kebudayaan, yang akan dilakukan nantinya, yakni Karnaval Budaya, Panjung agung atau kedure agung, lomba tari kejei, lomba batik ka ga nga, bujang semulen, kudo kepang, pegelaran wayang kulit, kesenian minang, limba bekulo, lomba lagu daerah Rejang, lomba menulis ka ga nga, lomba wayang golek. Rangkaian kegiatan tersebutlah akan dilakukan untuk mengangkat kebudayaan.

"Rangkaian kegiatan ini yang bersentuhan langsung dengan kebudayaan, kegiatan lainnya dilakukan agenda rutin yang memang harus dilakukan, seperti paripurna istimewa, upacara memperingati, serta kegiatan penunjang lainnya," jelasnya.

Serta tema ini sendiri harus diikuti oleh seluruh OPD yang ada di Rejang Lebong, dengan pihaknya akan keluarkan SE, sebagai bentuk imbauan tertulis, kepada OPD di Rejang Lebong yang bisa dijadikan panduan dan acuan, persiapan yang akan dilakukan OPD yang ikut menjadi panitia," jelasnya.

Termasuk pula nantinya stan yang akan didirikan, tetap harus mengangkat kebudayaan yang diselaraskan dengan visi misi pemkab Rejang Lebong. Dimaksudkan kendati OPD tersebut ada Dinas Pertanian, namun dinas pertanian bisa menampilkan stan yang mengaitkan kebudayaan dan pariwisata dalam bentuk bidang pertanian. "Dengan adanya tema adat ke depannya hal tersebut kembali dikenang, serta Rejang Lebong kembali pada zaman abad kejayaan dimana adat istiadat dijunjung tinggi," sampainya. Siman mengharapkan, persiapan kota curup dapat dipersiapkan se matang - matang nya, dan OPD bisa menyatukan suara, sehingga Hut kota curup terselenggara sesuai dengan harapan, dan juga bisa dikenan masyarakat Rejang Lebong dan sekitarnya. "Yang jelas HUT Curup bisa terselenggara dan sukses," tandasnya. (CE1)

Tags :
Kategori :

Terkait