
Faktor Individu:
Beberapa orang mungkin memang tidak memiliki bakat alami dalam matematika atau memiliki kesulitan belajar tertentu seperti diskalkulia.
BACA JUGA:Ilmuwan Sebut Musik Dapat Mengurangi Rasa Cemas Saat Belajar Matematika
BACA JUGA:Inayah Sakinah At Tammah, Juara II OSN Matematika
Kurangnya Motivasi:
Jika siswa tidak melihat relevansi matematika dalam kehidupan sehari-hari atau merasa tidak tertarik pada mata pelajaran tersebut, mereka cenderung kehilangan motivasi untuk belajar.
Metode Pengajaran yang Kurang Tepat:
Cara guru mengajar matematika, apakah terlalu cepat, terlalu berfokus pada hafalan rumus, atau kurang menarik, juga dapat memengaruhi persepsi siswa terhadap mata pelajaran ini.
Persepsi Negatif dari Lingkungan:
Jika seseorang sering mendengar orang lain mengatakan bahwa matematika itu sulit atau membosankan, mereka cenderung akan mengikuti persepsi tersebut, bahkan sebelum mencoba belajar.
Perasaan Tidak Percaya Diri:
Kegagalan dalam memecahkan soal matematika atau mendapatkan nilai yang rendah dapat merusak kepercayaan diri siswa, membuat mereka semakin menjauhi mata pelajaran ini.