
Namun, besar kemungkinan Honda HRC akan merilis pernyataan resmi dalam satu hingga dua hari ke depan, bertepatan dengan seri GP Ceko di Sirkuit Brno yang berlangsung pada 18–20 Juli 2025.
Kepindahan Kurt Trieb ke Honda HRC, berarti ia akan langsung terlibat dalam pengembangan generasi baru RC213V untuk era MotoGP mesin 850cc.
Trieb sendiri pernah menolak tawaran dari Audi F1 pada 2024, karena merasa proyek tersebut terlalu kompleks, meskipun ia menyambut baik masuknya pabrikan Jerman kedua ke Formula 1.
“Tawaran dari Audi F1 adalah untuk memimpin pengembangan mesin dasar. Saya awalnya percaya diri, namun kemudian sadar bahwa proyek itu akan sangat menantang. Walau proyeknya menarik, saya memilih untuk tidak memaksakan diri,” ungkap Trieb.
Bergabungnya Trieb ke Honda HRC justru dianggap lebih sesuai dengan passion-nya. Ia menyebut proyek pengembangan mesin motor, seperti yang dilakukan Honda, lebih cocok baginya dibanding proyek Formula 1.
BACA JUGA:Ini Alasan Mekanik Sengaja Gembosin Ban Motor MotoGP
BACA JUGA:Marquez Sudah Puas Bisa Finis Kelima di MotoGP Qatar 2022
Kesepakatan dengan Honda HRC juga cukup fleksibel. Trieb menjelaskan bahwa ia akan bekerja dengan sistem rotasi, menghabiskan waktu empat hingga lima minggu di Jepang, lalu kembali ke Austria untuk periode yang sama.
“Saya tidak akan memegang peran dominan seperti saat di KTM, tapi akan tetap terlibat dalam pengembangan. Pendekatan teknologi insinyur Jepang sedikit berbeda dari kami di Eropa, dan saya tertarik untuk mempelajarinya. Akan menarik, jika bisa meyakinkan para insinyur Honda tentang ide-ide saya ke depan,” tutup Trieb.
Babak baru bagi Honda HRC akan dimulai awal Agustus mendatang. Trieb diperkirakan akan tampil perdana bersama tim di garasi Honda HRC Castrol, saat mendampingi Joan Mir dan Luca Marini di GP Jepang, Sirkuit Motegi, 26–28 September 2025.