Bawaslu Ingatkan Kenetralan KPU dalam Debat Cakada

Kamis 05-11-2020,11:53 WIB
Reporter : Delpa Iswarani
Editor : Delpa Iswarani

CE ONLINE - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu mengingatkan KPU Provinsi untuk bersikap adil dan profesional dalam pelaksanaan debat Calon Kepala Daerah (Cakada), yang akan digelar perdana 9 November 2020 mendatang. Anggota Bawaslu Provinsi Bidang Pengawasan Pemilu, Fatimah Siregar mengimbau agar jangan sampai usai pelaksanaan debat justru malah menimbulkan konflik.

"Baik pertanyaan yang diberikan, waktu yang diberikan, durasi menjawab semuanya harus dipertimbangkan seadil-adilnya," sampai Fatimah.

Fatimah menyatakan, keadilan dalam pemberian jatah baik pertanyaan maupun waktu kepada setiap Paslon, tentu akan sangat mempengaruhi kualitas debat. Apalagi debat ini juga akan sangat mempengaruhi pandangan masyarakat dalam memilih calon Kepala Daerahnya.

"Kita sudah sampaikan ke KPU supaya mereka yang menjadi pemandu debat tidak memilih, misalnya dalam pemberian waktu harus bersikap adil. Misalnya, jangan mentang-mentang dia petahana waktu nya dilebihkan dari calon lainnya dan yang lainnya," ujarnya.

Lebih jauh Fatimah juga mengingatkan, agar dalam pelaksaan debat nanti tetap menjadikan protokol kesehatan (Prokes) menjadi perhatian utama. Mengingat, semua harus steril dan jangan sampai ada kluster baru pada saat debat nantinya.

"Untuk debat Pilgub kami meminta kepada KPU selaku penyelenggara agar benar-benar dapat memperhatikan prokes Covid-19. Memang saat ini belum ada pelanggaran yang di laporkan kepada Bawaslu terkait pasangan calon yang berkampanye di tengah pendemi," ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi, Darlinsyah menyatakan pihaknya pasti akan menjunjung tinggi keadilan dalam pelaksanaan debat Cakada nanti.

"Dalam debat kita profesional dan kita akan memberi perlakuan yang sama dan seadil-adilnya kepada setiap Paslon. Baik pertanyaan yang diberikan, waktu menjawab dan perlakuan lainnya," tegas Darlinsyah.

Sebelumnya Darlinsyah menyebutkan bahwa tema yang akan dibawa pada debat pertama Cakada 9 November nanti adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memajukan daerah. Debat sendiri dijadwalkan malam hari, sekitar pukul 19.30 WIB di salah satu hotel yang ada di Bengkulu.

Sedangkan debat kedua sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada 23 November mendatang. Dan untuk debat season ketiga akan dilaksanakan pada 4 Desember 2020 mendatang. (CE2)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait