Mesin ADM Vakum Digunakan

Senin 26-07-2021,08:54 WIB
Reporter : Sari Apriyanti
Editor : Sari Apriyanti

CE ONLINE - Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong, saat ini tidak bisa beroperasi untuk sementara waktu. Hal itu dikarenakan tinta yang digunakan pada mesin tersebut habis.

"Dikarenakan tintanya habis jadi tidak bisa digunakan untuk saat ini," sampai Kepala Disdukcapil Kabupaten Rejang Lebong, Drs. Muradi melalui Sekretaris Disdukcapil, Arpandi, S.Sos kepada wartawan.

Arpandi melanjutkan bahwa, sebelumnya mesin ADM tersebut pernah dioperasikan namun hanya untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Kenapa hanya KTP yang tidak bisa dioperasikan, karena rebonnya belum tersedia," katanya.

Adapun cara kerja mesin tersebut Arpandi menjelaskan, sama seperti menggunakan mesin ATM untuk mengambil duit nasabah harus teregistrasi terlebih dahulu di bank. Begitu juga pemohon dokumen kependudukan melalui mesin ADM harus teregistrasi di kantor Dukcapil setempat.

"Sederhana dan cepat. Kalau pun nanti ada masyarakat yang bingung dalam mengoperasikannya, tentu pihak kita akan membantu," tuturnya.

Pihaknya menambahkan, dengan adanya mesin ADM ragam pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) semakin mudah dan cepat. Masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan bisa langsung ke kantor Dukcapil, mengurus secara online, dan juga melalui mesin ADM.

"Namun itulah tadi, tinta masih kita pesan, agar nantinya mesin bisa kembali dioperasikan," tandasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Tags :
Kategori :

Terkait