Kelurahan Sambe Baru, Langganan Banjir

Kelurahan Sambe Baru, Langganan Banjir

CURUP, CE - Setiap kali hujan melanda, banjir pasti selalu melanda rumah warga di Kelurahan Sambe Baru. Misalnya saja pada saat hujan mengguyur Rejang Lebong Kamis (20/04) sore kemarin, banjir kembali melanda wilayah Kelurahan Sambe Baru.  Dikatakan Manci (28) salah satu warga Sambe Baru bahwa bisa dikatakan banjir tersebut sudah menjadi langganan setiap kali hujan mengguyur. "Banjir seperti ini sudah sangat biasa terjadi, bahakan hampir setiap hujan mengguyur," sampainya.

Dikatakannya bahwa, banjir yang tingginya hampir mencapai lutut anak kecil kemarin itu bahkan belum termasuk parah. Bahkan jika hujan yang melanda sangat lebat dan dalam waktu yang lama, Manci mengatakan tingginya bahkan bisa mencapai lutut orang dewasa. Dengan keadaan yang sedemikian, Manci mengaku terpaksa harus disibukkan dengan kegiatan membuangi air dari rumahnya jika hujan yang melanda sudah berangsur selesai.

"Ini masih belum seberapa, karena biasanya jika hujannya lebat dan lama bahkan ketinggiannya bisa mencapai lutut," ujarnya. Manci mengatakan bahwa banjir tersebut adalah akibat dari tidak mampunya drainase yang adaa menampung debit air yang sangat deras. Sehinnga membuat air tersebut terus meluap dan menggenangi rumah mereka. Belum lagi ditambah dengan saluran drainase yang hanya satu, yang membuat saluran drainase tidak mampu lagi menanggung kuatnya debit air.

"Drainase disini kan cuman ada satu lajur, belum lagi aliran pembuangan drainase yang ada diatas tersebut larinya ke drainase sini. Itulah yang membuat drainase meluapdan tidak mampu menahan debit air," sampainya. Terpisah, Mia (30) warga lainnya menuturkan bahwa memang sebelumnya drainase tersebut sudah dibersihkan dan diperbaiki oleh dinas PU Rejang Lebong. Namun kendatinya perbaikan dan juga pembersihan tersebut sepertinya masih belum cukup. Perlu alternatif lain untuk mengatasi permaslahan meluapnya drainase yang mengakibtkan banjir tersebut. Karena pada kenyataannya banjir masih saja melanda pemukiman warga.

"Memang kemarin sudah ada perbaikan dari pihak PU, tapi saya rasa masih perlu alternatif solusi lain untuk penyelesaian permasalagan ini," ungkapnya. Tentunya Mia mengharapkan pihak kelurahan dapat mengkoordinasikan permaslahan tersebut kepada pihak yang bersangkutan. Agar permasalahan banjir yang bahkan sudah menjadi langganan setiap kali hujan melanda tersebut dapat terselesaikan. "Tentunya harapan kami pihak terkait dapat membantu dalammenyelesaikan permasalahan yang bahkan sudah lama ini, pungkasnya. (CE2)

Sumber:

Kelurahan Sambe Baru, Langganan Banjir

Terkini

Terpopuler

Pilihan