Bupati: Atasi Luapan Drainase

Bupati: Atasi Luapan Drainase

CURUP, CE - Keluhan masyarakat Rejang Lebong terkait banyaknya drainase yang meluap dan mengakibatkan banjir pada badan jalan, mendapat tanggapan serius dari Bupati Rejang Lebong, H Ahmad Hijazi SH MSi. Dikatakan Bupati, pada tahun 2017 ini, permasalahan tersebut akan segera diatasi.

"Luapan air dari drainase sehingga mengakibatkan banjir yang selalu melanda di Talang Rimbo Lama dan Sukaraja itu, mudah-mudahan tahun ini akan segera kita selesaikan," sampainya. Menurut Bupati, penyebab dari meluapnya saluran drainase yang seringkali membuat banjir tersebut bukan hanya perseoalan debit air yang memang cukup besar. Akan tetapi juga akibat saluran pembuangan air yang ditutup oleh warga dan dijadikan jalan untuk menuju rumah mereka.

"Kami pernah pantau itu didaerah Sukaraja itu saluran air itu ada yang ditutup untuk dijadikan jalan menuju rumah mereka," ujarnya. Lebih jauh disampaikan Bupati, yang menjadi penghambat perbaikan adalah warga yang tidak bersedia jalan menuju rumahnya tersebut dibongkar. Padahal memang seharusnya itulah yang sebaiknya dilakukan untuk mengurangi ataupun menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Terkadang juga warga ini terkadang protes jika petugas kita ingin melakukan pembongkaran," bebernya. Bukan hanya itu saja, padatnya perumahan juga cukup berpengharuh terhadap terjadinya peluapan drainase tersebut. Pasalnya dengan banyaknya lokasi perumahan tersebut sangat besar pengaruhnya dengan resapan air.

"Perumahan juga menjadi salah satu penyebab yang sangat berpengaruh terhadap resapan air jika hujan," ucapnya Lebih jauh Bupati mengatakan pihak terkait seperti Dinas PU sudah diberikan intruksi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hanya saja karena saat ini proyek-proyek yang akan dilaksanakan tersebut memang masih proses, maka dari itu realisasinya masih belum nampak.

"Yang jelas kami minta masyarakat untuk sedikit bersabar. Karena saat ini proyek kita kan memang belum jalan, jika nanti proyek kita sudah jalan pasti realisasinya akan nampak," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

Bupati: Atasi Luapan Drainase

Terkini

Terpopuler

Pilihan