Ada Tanaman Ganja Disela Batang Kopi, Dicurigai Sampel Ladang Ganja

Ada Tanaman Ganja Disela Batang Kopi, Dicurigai Sampel Ladang Ganja

CURUP, CE - Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Rejang Lebong mencurigai adanya ladang ganja di Rejang Lebong. Ini setelah ditemukannya tanaman ganja setinggi 30 cm yang diperkirakan berumur 2 bulan disalah satu kebun kopi di Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU).

Menariknya tanaman ganja yang ditemukan tersebut ditanam diantara selasa-sela tanaman kopi, sehingga dicurigai juga jika tanaman ganja ini merupakan sampel tanaman penanda oleh pemiliknya.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK melalui Kabag Ops Firdaus PN didamping Kasat Narkoba Iptu Sampson Sosa Hutapea SIK dalam releasenya mengatakan ditemukannya tanaman ganja tersebut bermula adanya laporan dari warga yang melihat ada hal janggal di salah satu kebun kopi. Menindaklanjuti laporan tersebut, Satnarkoba langsung bergerak cepat untuk memastikan tanaman tersebut.

Alhasil pada Jum'at sekitar pukul 07.30 WIB laporan tersebut benar adanya sehingga Satnarkoba langsung mencabut dan menyita batang ganja tersebut. "Jadi pengungkapan adanya batang ganja yang ditanam di salah satu kebun kopi di SBU berasal dari laporan warga. Setelah dipastikan ternyata laporan tersebut benar adanya sehingga langsung kita ke TKP dan menyita sekitar 66 batang tanaman ganja," ujarnya.

Disampaikannya, bahwa untuk menuju lokasi ke perkebunan kopi yang disinyalir adanya ganja yang ditanam tersebut, pihaknya harus menempuhnya dengan sepeda motor atau dengan jalan kaki sepanjang 5 Km. Sedangkan untuk masuk ke kekebun tersebut juga menyulitkan petugas dilapangan karena posisinya menanjak. Bahkan diakuinya tanaman ganja sendiri tidak ditanam sejajar melainkan secara terpisah dan abstrack.

"Sebelum sampai ke TKP sempat menyulitkan kita, karena posisinya perkebunannya menanjak," sampainya. Sementara itu setelah berhasil mengamankan setidaknya 66 batang ganja, pihaknya saat ini tengah melakukan pengembangan lebih lanjut terkait siapa pemilik batang ganja tersebut termasuk akan dipanggilnya pemilik kebun kopi tersebut. Bukan hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat dimanapun jika menemui tanaman serupa harap dilaporkan kepada pihak kepolisian secepatnya.

"Kita tengah melakukan penyidikan untuk memburu pemilik batang ganja tersebut," tandasnya. (CE5)

Sumber: