RSUD Kembali Diwacanakan Pindah, drg Asep: Bulan Februari

RSUD Kembali Diwacanakan Pindah, drg Asep: Bulan Februari

CURUP CE - Bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup kembali diwacanakan akan dilakukan pemindahan, dari lokasi saat ini yang berada di Jln Basuki Rahmat, Dwi Tunggal, Curup.

Rencananya akan dipindahkan ke lokasi yang lebih representatif di kawasan dua jalur dengan luas lahan mencapai 5,7 hektare (ha).

"Insyaallah awal tahun depan. Paling lambat februari sudah pindah," sampai Dirut RSUD Curup, drg Asep Setia Budiman kepada wartawan.

Menurutnya mengenai kelengkapan bangunan fisik, sudah dimulai tahun 2018 dengan membangun gedung utama untuk gedung Beda Sentral, Rawat Jalan, Gedung Gizi dan ICU. Dilanjutkan penganggaran secara bertahap di tahun 2019 dan 2020.

"Empat gedung yang sudah di bangunan tahun 2018 ini yang pertama gedung Beda Sentral, Rawat Jalan itu untuk fasilitas hemodialisis, dan gedung Gizi. Selain gedung-gedung tersebut ada juga pembangunan gedung Instalasi pengolahan air limbah atau IPAL. Serta akan dilakukan lagi pembangunan di tahun 2019 dan 2020 mendatang" terang Direktur RSUD Curup, Asep Setia Budiman pada Sabtu (20/10).

Lebih jauh disampaikan Asep, pemindahan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat dilakukan secara bertahap di awal tahun 2019 karena RSUD Curup sudah selesai dibangun dan seluruh ruangan maupun peralatan bisa digunakan.

"Insyaallah awal 2019, seluruh ruangan siap digunakan, secara bertahap akan dilakukan pemindahan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat," sampainya.

Ditambahkan, drg. Asep tahun 2019 akan kembali melakukan pembangunan gedung. Seperti gedung rawat inap, gedung jenazah, dan rumah singgah. "Tahun depan akan dibangunan gedung lagi sesuai maketnya secara bertahap. Seperti gedung rawat inap, gedung jenazah, dan termasuk nanti rumah singgah disini gak ada banyak keluarga pasien tidur-tidur sembarang, disana nanti tidak boleh lagi dan benar-benar akan dijaga kesteril ruangnya agar pasien lebih nyaman. Serta akan dibangun rumah dokter, dan musholah," jelas drg, Asep kepada wartawaan saat di wawancarai.

Sementara itu, untuk pelayanan disampaikan drg. Asep akan dilengkapi dengan endoskopi dan hemodialisa. Pihaknya berusaha terus meningkatkan kualitas layanan agar RS tersebut menjadi berkelas dan berstandar nasional.

"Kita akan terus meningkatkan semua layanan agar nanti harapannya RSUD ini, semua layanan sudah berstandar dan menjadi yang unggul," terangnya.

Disisi lain, dikatakan drg. Asep RSUD Curup sudah memiliki dokter spesialis mata dan dokter spesialis THT. "Sekarang sudah ada dokter spesialis mata dan dokter spesialis THT meskipun masih MoU," katanya. Dengan kondisi tersebut pihaknya berupaya pelayanan kesehatan di RSUD Curup jalur II lebih baik dan memuaskan.

"Dengan adanya gedung baru yang lebih luas. Pelayanan lebih baik serta fasilitas, sarana dan prasana termasuk sumber dayanya akan lebih baik. Sehingga masyarakat yang sakit mendapatkan pengobatan dan pelayanan terbaik termasuk nanti tenaga kesehatan juga lebih nyaman," tandasnya.(cw1)

Sumber: