Penyakit Dalam Masih Mendominasi

Penyakit Dalam Masih Mendominasi

drg Asep Setia Budiman

CURUP, CE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup saat ini banyak menangani pasien penyakit dalam. Terutama untuk pasien yang dilakukan rawat jalan.

"Penyakit dalam seperti penyakit diabetes, jantung dan hipertensi. Kalau saat ini masih didominasi oleh pasien penyakit dalam karena penyakit ini cukup lama penyembuhannya sehingga harus rutik Kontrol," ujar Direktur RSUD Curup, Drg Asep Setia Budiman melalui Kepala Bidang Pelayanan, Sopan Wahyudi Ssi Apt MPh.

Dikatakan Sopan untuk data jelasnya terkait penyakit yang mendominasi dapat ditanyakan langsung pada bagian rekam medis.

"Kalau mau data pastinya silahkan datang ke bagian rekam medis karena disitu lengkap mulai dari jumlah pasien rawat inap maupun rawat jalan hingga 10 katagori penyakit yang mendominasi baik di tahun 2018 maupun beberapa bulan terakhir ini," sarannya.

Sementara itu Kasubag Rekam Medis, Sri Maryati SKM mengatakan bahwa bulan Februari lalu terlihat bahwa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih cukup tinggi bahkan mencapai 44 orang pasien dari tiga kabupaten Yaitu Kepahiang, Lebong dan Rejang Lebong yang di rawat di RSUD RL tersebut

" Ya kalau dari data bulanan kita itu DBD yang paling banyak untuk bulan februari kemaren, tapi kalau mau secara keseluruhan tidak bisa hari ini karena pegawai yang merekap data tersebut sedang izin karna sakit" Ujarnya..

Lanjut Sri selain DBD penyakit yang banyak dialami pasien berdasarkan data yaitu penyakit Hepatitis dimana penyakit yang disebabkan oleh Virus tersebut banyak didominasi dari para Remaja.

"Ya pasien hepatitis itu ada 13 orang dan kebanyakan pasien berusia remaja antara 17 dan 18 tahun, sedangkan untuk penyakit ISPA itu biasanya hanya sampai ke tingkat puskesmas kecuali memang sudah parah dan perlu perawatan lanjutan," pungkasnya.(CW1)

Sumber: