6 Kabupaten Belum Salurkan BLT DD, Tahap ke III

6 Kabupaten Belum Salurkan BLT DD, Tahap ke III

BENGKULU, CE - Sebanyak 6 Kabupaten di Provinsi Bengkulu masih belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap ke III. Keenam kabupaten yang belum mencairkan BLT DD Tahap ke III tersebut yakni Bengkulu Tengah, Kaur, Mukomuko, Rejang Lebong, Lebong dan Seluma.
"Baru ada tiga Kabupaten yang sudah menyalurkan BLT DD tahap ke III, yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan dan Kepahiang," sampai Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra.
Bukan hanya tahap III, dari data DJPb Provinsi Bengkulu, bahkan masih ada beberapa Kabupaten yang belum juga menyalurkan BLT DD Tahap ke II. Diantaranya yakni Rejang Lebong, Kaur, Seluma dan juga Mukomuko.
"Bahkan untuk BLT DD tahap II kemarin, kendati beberapa kabupaten diluar keempat kabupaten yang belum sama sekali menyalurkan tadi, persentasenya juga masih belum 100 persen. Karena masih ada beberapa diantara desa di daerah mereka yang belum menyalurkan," ungkap Ismed.
Sedangkan untuk penyaluran BLT DD tahap pertama sendiri, DJPb Privinsi Bengkulu mencatat masih ada desa yang belum melakukan pencairan BLT DD. Dimana dari total 1.341 desa yang sudah melakukan penyaluran hanya sebanyak 1.076 desa.
"Pada penyaluran BLT DD Tahap pertama, ada sebanyak 265 desa yang tidak menyalurkan BLT DD tahap pertama ini. Namun diperkirakan, mereka tidak menyalurkan dikarenakan tidak ada penerima BLT DD di desa mereka," ujar Ismed.
Sedangkan untuk Kabupaten yang tercatat menyalurkan BLT TT 100 persen untuk penyaluran BLT DD tahap pertama hanya Kabupaten Rejang Lebong dan Mukomuko. Sedangkan yang terendah itu ada di Kabupaten Seluma, dimana dari jumlah 108 desa, hanya 22 desa yang menyalurkan.
Sementara itu, untuk penyaluran BLT DD terbanyak hingga saat ini terdata ada di Kabupaten Bengkulu Utara dendan penyaluran BLT DD sebesar Rp 11.372.400.000. Kemudian disusul Bengkulu Tengah dengan Rp 10.561.200.000. Terendah sendiri, yakni Kabupaten Seluma yang hanya menyalurkan BLT DD sebesar RP 856.200.000.
Untuk diketahui, secara keseluruhan, hingga saat ini total penyaluran BLT DD yang sudah disalurkan hingga tahap ketiga ini, yakni berjumlah Rp 55.134.004.200. Dengan rincian tahap pertama sebesar Rp 41.070.003.000, tahap kedua Rp 12.667.601.200 dan tahap ke tiga Rp 1.406.400.000.
"Hinggaa saat ini proses penyaluran BLT DD ini masih berjalan, baik yang disalurkan secara tunai atau cash, maupun non tunai yakni yang disalurkan melalui rekeneing" pungkasnya. (CE2)

Sumber: