Kemenag Siap Qurban 4 Ekor Sapi

Kemenag Siap Qurban 4 Ekor Sapi

LEBONG, CE - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020 Masehi kantor Kementrian Agama (Kemenag) wilayah Lebong, dalam rangka memperingati hari besar Islam tersebut. Dimana pelaksanaan hari qurban yang sementara telah ditetapkan pada 31 Juli 2020 mendatang, sudah menyiapkan 4 ekor hewan sapi. Hal itu diketahui, jajaran Kemenag wilayah Lebong bersama para Kepala Urusan Kantor (KPU) dan Kepala Madarasa Tsanawiyah (MTS) se-Kabupaten Lebong, telah melaksanakan rapat terkait menyambut hari besar Islam tersebut, pada Rabu (8/7) lalu.
Dikatakan Kepala Kemenag Lebong Drs Ajamalus menyebutkan, pihaknya telah melaksanakan rapat terkait persiapan menyambut hari besar Islam 1441 Hijeriah 2020 Masehi ini. Dari hasil yang tertuang dalam rapat itu, pinhaknya telah menyiapkan 4 ekor hewan qurban Sapi untuk disembeli.
"Ya, tahun ini masih sama dengan tahun 2019 lalu. Dimana hari besar Islam ini kemenag wilayah Lebong telah menyiapkan 4 ekor hewan sapi qurban untuk disembeli," katanya.

Menurutnya, memperingati hari besar Islam tahun ini sedikit berbeda, karena perayaanya di lakukan di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, sebelum dilakukan penyembelian hewan qurban pihaknya akan terlebih dahulu memeriksa kesehatan hewan qurban. Kemudian, setelah selesai dilakukan penyembelihan daging hewan qurban tersebut juga masih akan di cek kelayakannya untuk dikonsumsi, sebelum dibagikan kepada panitia qurban pegawai kantor kemenag. Selanjutnya, juga akan di bagikan kepada masyarakat yang tinggal di seputaran Pemerintah Daerah (Pemda) Lebong yang berhak menerima daging qurban tersebut. Selain itu, untuk dana pembelian hewan qurban itu di kumpulkan secara pribadi dari peserta qurban. Diantaranya, keluarga besar Kemenag wilayah Lebong, baik itu dari Pegawainya Negeri Sipil (PNS) maupun Tenaga Kerja Kontrak (TKK). Bahkan, perorang peserta mengumpulkan senilai Rp 2.000.000. Jumlah pegawai kemenag 34 orang, masing-masing pegawai yang ingin ikut berqurban menyumbang dengan nilai yang telah disepakati.
"Dana pembelihan hewan kurban itu di kumpulkan dari jajaran pegawai, baik itu dari PNS atau TKK yang berada di lingkup Kemaneg Lebong. Dari dana terkumpul dapat membeli 3 ekor sapi saja. Sedangkan 1 ekor hewan sapi qurban sepakat disiapkan dari jajaran MTS se-Kabupaten Lebong," ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa, sesuai dengan ketentuan penyembelihan hewan kurban itu, akan dilakukan setelah selesai shalat ied Hari Raya Idul Adha. Ia juga berharap, melalui daging hewan qurban itu, yang akan diberikan kepada warga/masyarakat yang berhak menerimanya dengan perasaan gembira dan ada kepedulian kepada mereka.
"Hasil rapat kemarin itu, 1 ekor hewan qurban disiapkan pihak jajaran MTS se-Kabupaten Lebong. Dari penyebelian hewan qurban ini agar masyarakat dapat mengambil hikmah dan makna dari hari besar Islam Idul Adha," tandasnya. (CE4)

Sumber: