Lansia dan Anak-anak Diimbau Tak Ikut Salat Id

Lansia dan Anak-anak Diimbau Tak Ikut Salat Id

LEBONG, CE - Pihak Kemenag Lebong mengimbau kepada masyarakat yakni kepada masyarakat yang lanjut usia (lansia) dan anak-anak untuk sementara dalam tahun ini agar tidak ikut dalam shalat idul adha. Dikatakan Kakan Kemenag Lebong Drs H Ajamalus MH bahwa hal tersebut sesuai SE menteri agama tentang pedoman salat Idul Adha dengan penyembelihan hewan qurban nomor 18 tahun 2020. Dikemenag ada empat ekor sapi yang akan di qurbankan pada saat Idul Adha, dipotong dikemenag sebanyak dua ekor dan dipotong di MTS 1 satu ekor kemudian dipotong diMTS 2 dipotong 1 ekor.
"Ya untuk hewan qurban yang telah terkumpul sebanyak empat ekor sapi yang akan di potong," sampainya.
Terkait dengan protokol kesehatannya bahwa, pihaknya sudah untuk mematuhi surat edaran SE nomor 18 tersebut menteri agama agat mematuhi protokol covid19 sehingga nanti dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban aman, distribusinya juga aman dari covid19 ini. Protokol kesehatan semua petugas, semua masyarakat dan atau ASN yang ikut dalam penyembelihan hewan qurban itu terlebih dahulu semuanya wajib mencuci tangan dengan sabun dan sanitizer, dan masing-masing petugas membawa parang yang akan digunakan dalam penyemblihan hewan qurban. Usahakan tidak ada pinjam meminjam dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban.
"Petugas dan masyarakat juga pada saat pemotongan hewan qurban harus mencuci tangan dengan sabun," ungkapnya.
Selain itu dirinya mengatakan bahwa, terkait dengan shalat idul adha, pemerintah sudah mengizinkan di masjid, di musalah, dilapangan atau digedung-gedung tertentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni dimasing-masing masjid atau tempat shalat yang lainnya menyiapkan tempat cuci tangan, semua jamaah wajib makai masker, menjaga jarak minimal satu meter antar jamaah. Dirinya mengimbau kepada jamaah yang lanjut usia dan anak-anak untuk sementara tahun ini pihaknya mengimbau untuk tidak ikut shalat idul adha.
"Terkait dengan untuk sosialisasi SE tersebut kepada masyarakat bahwa, dari kemenag sudah mengirim surat resmi kepada semua KUA agar menyampaikan kepada masyarakat," tandasnya. (CE4)

Sumber: