Siskeudes Diwacanakan Online

Siskeudes Diwacanakan Online

LEBONG, CE - Kadis PMDSos Reko Haryanto SSos MSi melalui Kabid PMD Eko Budi Santoso SP mengatakan bahwa pada tahun 2021 menyebut bahwa Sistem keuangan desa (Siskeudes) akan dilakukan secara online. Pasalnya, Mendagri sebelumnya telah meminta data kepada pihaknya terkait dengan lokasi-lokasi desa yang kira-kira tidak terjangkau sinyal Handphone, pihaknya sampaikan ada sembilan desa yakni seperti desa Tik Sirong, Embong, Mangkurajo, Sebelat dan desa yang lainnya. Dijelaskannya bahwa, kalau tidak salah ada CV yang menang tender untuk pengadaan tersebut dipasilitasi Mendagri.
"Ya, tahun depan diwacanakan siskeudes diterapkan secara online. Ini apakah kabar baik atau kabar buruk," ungkapnya.
Dijelaskannya bahwa, kalau selama ini siskeudes secara Off Line yakni hanya orang desa yang tahu itu saja karena mereka yang memegang aplikasi, kecuali pada saat mereka melaporkan ke Kecamatan dan kepada bidangnya (PMD, red) baru database diinput.
"Yang menjadi permasalahan sekarang, terkadang penginputan ada yang error dan sebagainya, kalau secara online, mungkin semua lini yang bisa akses siskeudes bisa melihat," jelasnya.
Ditambahkan Kadis PMDSos Reko Haryanto SSos MSi bahwa, kalau Siskeudes pada tahun 2021 mendatang diterapkan secara online, menurutnya perlu bimbingan kepada kades beserta perangkatnya terkait dengan siskeudes secara online karena tidak seluruh perangkat desa mengerti atau memahami secara online tersebut.
"Ini baru wacana, ini pemerintah daerah harus menyiapkan SDMnya lagi dan action kami dari PMD apakah ada diadakan bimtek atau pelatihan untuk pemerintah desa mengenai sistem online tersebut," tandasnya. (CE4)

Sumber: