Baru 6 Desa Lunasi PBB-P2

Baru 6 Desa Lunasi PBB-P2

LEBONG, CE - Dari total 93 Desa dan 11 Kelurahan yang tersebar di 12 Kecamatan Kabupaten Lebong, baru 6 Desa yang telah melakukan pelunasan terhadap pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan (PBBP2) 100 persen.
Dikonfirmasi wartawan, Plt Kepala BKD Lebong Erik Rosadi SSTP MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Rudi Hartono SE MAk mengatakan bahwa, 6 desa yang telah pelunasan PBBP2 100 persen yakni Desa talang Kerinci Kecamatan Bingin Kuning, Desa Muning Agung, Ujung Tanjung II dan III Kecamatan Lebong Sakti, Desa Kampung Dalam Kecamatan Lebong Utara dan Desa Embong Kecamatan Uram Jaya.
"Ya, baru enam desa yang telah melunasi PBBP2 100 persen hingga awal bulan ini," sampainya.
Menuru Rudi, bahwa untuk pembayaran PBB-P2 bagi seluruh OP yang ada di Kabupaten Lebong yaitu sebanyak 31.347 OP baik perseorangan maupun perkantoran. Dimana paling lama akhir bulan Oktober mendatang. Dengan demikian masih ada waktu lebih kurang 2 bulan lebih untuk OP membayarkan kewajibannya. Karena jika membayar lewat dari batas akhir pembayaran, maka para OP akan dikenakan pinalti. Di sisi lain dirinya berharap kepada para OP agar bisa membayarkan PBBP2 mereka secepatnya agar nantinya tidak mendapatkan pinalti yaitu sebesar 2 persen dari nilai pajak mereka.
"Kita harapkan kerjasama pihak terkait untuk membantu dalam melakukan penagihan, karena waktu pembayaran masih ada dalam tahun ini," ungkapnya.
Sementara itu, untuk desa dan kelurahan lainnya yang belum melunasi 100 persen, saat ini baru ada yang mencapai 50 persen pembayaran bahkan masih ada desa yang sama sekali 0 persen dalam realisasi pembayaran PBB-P2. Dimana untuk saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PBB-P2 yang baru terkumpul sebesar Rp 35 juta dari target Objek Pajak (OP) khusus OP masyarakat diluar perusahaan sebesar Rp 550 juta.
"Sisanya diambil dari perusahaan yang mana target PAD dari PBBP2 tahun ini sebesar Rp 1,4 miliar," tandasnya. (CE4)

Sumber: