Pengamanan Pilkada, Polres Terima Dana Rp 2,5 M

Pengamanan Pilkada, Polres Terima Dana Rp 2,5 M

LEBONG, CE - Kepolisian Resor (Polres) Lebong telah mempersiapkan tahapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu dan pemilihan Bupati dan Wakil Kabupaten Lebong.
Dikatakan Kapolres Lebong AKBP Ichan Nur SIk melalui Kabag Ops AKP Rafenil Yaumil Rahman SH menjelaskan bahwa, menjelang Pilkada serenta 2020, Polres Lebong telah mempersiapkan beberapa tahapan untuk pengamanan Pilkada. Bahkan, dalam waktu dekat ini beberapa tahapan yang akan menyerap dana hibah Pilkada pihaknya telah merencanakan mulai dari bulan Agustus ini menjelang masuknya bulan September yaitu tahapan inti.
"Untuk bulan Agustus ini kami telah merencanakan beberapa kegiatan seperti pelatihan fungsi secara internal, res psikologi calon Liasison Officer pip. Selain itu dalam bulan ini juga kami akan mulai kegiatan cipta kondisi untuk menyambut opresai mantap praja Polres Lebong," katanya.
Diakuinya bahwa, untuk alokasi anggaran yang sudah diterima pihaknya sesuai dengan NPHD dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong sebesar Rp 2,5 miliar dana yang sudah stanby yang sudah siap untuk digunakan.
"Kalau untuk anggaran pengaman Pilkada yang sudah kita terima sesuai dengan NPHD Pemkab Lebong nilainya sebesar Rp 2,5 miliar, dan dana itu sudah siap untuk digunakan," ujarnya.
Ditanya apakah sudah ada wilayah rawan yang sudah dipetakan? Rafenil mengaku, bahwa secara keseluruhan Polres Lebong tidak masuk dalam kategori rawan, namun dalam klasifikasi TPS sesuai dengan yang sudah dipetakan itu ada TPS aman, rawan, dan sangat rawan tentu juga akan dipetakan oleh pihaknya. Tapi katagori kerawan ini bukanlah kerawanan kamtibmas namun jaraknya yang hanya jauh dari pusat perkotaan.
"Kalau secara umum kita tidak masuk kategori rawan, namun karena jaraknya yang jauh kita petakan masuk dalam kategori ada TPS yang rawan," ungkapnya.
Dirinya menambahkan, terkait jumlah personil yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada 2020. Dalam operasi mantap praja di Polres Lebong ada sebanyak 187 personil, selain personil Polres Lebong yang disiapkan nantinya juga ada penambahan personil dari BKO Polda yang akan direncanakan pada saat hari H pelaksanaan Pilkada.
"Untuk penambahan personil ini nantinya satu hari sebelum pelaksanaan pencoblosan, dan satu hari pasca pencoblasan," tandasnya. (CE4)

Sumber: