MTQ Tingkat Kabupaten Digelar Oktober

MTQ Tingkat Kabupaten Digelar Oktober

LEBONG, CE - Jika tidak ada halangan, pelaksanaan Musabaqah Tilawatir Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Lebong akan digelar pada Oktober mendatang.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Lebong Fabil Rozak SAg meminta kepada masing-masing pemerintah kecamatan dalam Kabupaten Lebong diminta melakukan penjaringan atau seleksi para peserta untuk persiapan kegiatan MTQ kabupaten pada pertengahan Oktober mendatang. Menurutnya, salah satunya pihak kecamatan bisa dilakukan dengan menggelar MTQ ditingkat kecamatan, dimana upaya itu diharapkan bisa mengakomodir potensi peserta MTQ dengan maksimal.
"Upaya itu, artinya potensi yang ada di desa dapat diakomodir. Jangan nanti asal comot malah salah comot, justru masyarakat/warga yang memiliki potensi tak diakomodir mengikuti MTQ. Hal itu tentunya merugikan daerah," katanya.
Menurutnya bahwa, dalam hal itu, seleksi dapat dilakukan mulai dari tingkat desa yang nantinya akan mengikuti seleksi ditingkat kecaamatan. Maka, hasil seleksi dikecamatan dibina sampai Oktober untuk mengikuti di MTQ tingkat kabupaten. Selain itu, kata dia, dengan seleksi yang dilakukan secara berjenjang diharapkan peserta MTQ benar-benar aset Lebong dan jangan sampai ada yang tertinggal. Lebih jauh, Fabil menyampaikan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan persiapan. Termasuk menyusun cabang lomba yang akan dilaksanakan pada MTQ tingkat kabupaten.
"Rencananya akan ada 8 cabang yang akan diperlombakan dan setiap cabang akan kembali terbagi menjadi beberapa kategori. Dengan berpedoman kepada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di Mukomuko lalu," ungkapnya.
Dirinya memastikan, dalam pelaksanaan MTQ mendatang akan tetap berpedoman kepada protokol kesehatan yang harus diikuti oleh peserta dan dewan juri hingga pendamping.
"Untuk menghindari terjadinya kerumunan, maka lokasi setiap cabang lomba juga akan dilakukan di tempat terpisah, supaya bisa menjaga jarak atau fisik," tandasnya. (CE4)

Sumber: