Jumlah PNS Kembali Berkurang

Jumlah PNS Kembali Berkurang

LEBONG, CE - Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong tahun ini kembali berkurang. Pasalnya, ada sebanyak 72 PNS yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) tahun 2020. Bahkan, dari jumlah itu sebanyak 50 orang PNS sudah diterbitkan Surat Keputusan (SK) pensiun dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), sementara sisanya untuk 22 PNS masih dalam proses.
Dikatakan Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lebong Sumiati SP MM melalui Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai Apedo Irman Bangsawan SH mengatakan bahwa, dari 72 PNS yang pensiun tahun ini didominasi oleh tenaga pendidikan yakni tenaga guru kemudian disusul oleh tenaga kesehatan dan tenaga teknis.
"Untuk pejabat eselon II setingkat Kepala Dinas tahun ini ada dua orang PNS yang pensiun, kedua PNS tersebut yaitu Drs Hosen Basri dan Bambang Tegoeh matan Kepala Disnakertrans," katanya.

Untuk melihat video lengkap, silahkan klik icon medsos Curup Ekspress dibawah ini:

Kemudian dirinya mengatakan bahwa, saat ini Kabupaten Lebong tercatat hanya memiliki 2.456 PNS dengan rincian 1.183 laki-laki dan 1.273 perempuan. Sedangkan untuk kebutuhan pegawai berdasarkan Analisis Beban Kerja (ABK) di Kabupaten Lebong yaitu sebanyak 5.825 orang.
"Sementara dalam penerimaan CPNS Kabupaten Lebong mendapatkan 100 kuota. Jika semua terisi, artinya dengan jumlah 72 PNS yang pensiun maka hanya akan menambah 30 PNS saja," ungkapnya.
Dalam mengatasi kekurangan pegawai tersebut, Pemkab Lebong telah mengambil kebijakan dengan merekrut Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) untuk bertugas membantu PNS menjalankan roda pemerintahan. Jumlahnya yang direkrut 2.148 THLT yang tersebar diseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lebong.
"Hampir setiap tahunnya PNS kita yang memasuki masa pensiun. Yang artinya jumlah PNS akan terus berkurang. Karena itu kami berharap tahun-tahun berikutnya kuota penerimaan CPNS bisa lebih diperbanyak," tandasnya. (CE4)

Sumber: