6.948 Anak Tercatat Belum Miliki KIA

6.948 Anak Tercatat Belum Miliki KIA

LEBONG, CE - Hingga saat ini, 6.948 dari total 30.972 jiwa anak (0 bulan - 17 tahun kurang 1 hari) tercatat belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Sedangkan 24.024 jiwa anak sudah memiliki KIA.
Dikatakan Kepala Dukcapil Kabupaten Lebong Elva Mardiana SIp MSi mengatakan untuk data terakhir yang diterima maka tinggal 6.948 anak lagi yang belum memiliki KIA yang tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong.
"Itu untuk hasil rekapan akhir bulan Juli yang disampaikan kepada saya,"sampainya.

Dirinya memastikan untuk jumlah anak yang memiliki KIA terus berkurang setiap harinya. Hal ini terlihat untuk pencetakan KIA yang dilakukan kemarin ada sebanyak 39 blanko KIA dan setiap hari ada orang tua yang mengurus KIA anak-anak mereka.
"Untuk laporan per Agustus ini belum direkap sehingga saya belum bisa menyampaikan berapa total pembuatan KIA untuk bulan Agustus," ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga memastikan untuk blanko KIA sendiri saat ini masih tersedia 3.610 keping lagi dari total yang tersedia untuk tahun 2020 ini sebanyak 29 ribu keeping KIA dan kemungkinan besar untuk beberapa bulan ini, jumlah yang tersedia bisa saja habis.
"Karena masih ada 6.948 anak yang belum memiliki KIA," tegasnya.

Jikapun nantinya KIA mengalami kekurangan, maka pihaknya tinggal mengambil kepada pihak rekanan yang telah ditunjuk oleh Pemerintah pusat dalam menyediakan KIA. Nantinya berapa kekurangan akan diminta dan pembayarannya bisa dilakukan di tahun depan kepada pihak rekanan.
"Itu sudah ada MoU antara pemerintah pusat dnegan pihak penyedia KIA, jadi jika ada kekurangan kita tidak akan mengalami masalah," tandasnya. (CE4)

Untuk melihat video lengkap, silahkan klik icon medsos Curup Ekspress dibawah ini:

Sumber: