Bidang Pendapatan Diusulkan, Menjadi Badan Atau Dinas

Bidang Pendapatan Diusulkan, Menjadi Badan Atau Dinas

LEBONG, CE - Maksimalkan peningkatan kualitas untuk mendapatkan pendapatan daerah Kabupaten Lebong. Bidang Pendapatan pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, akan mengusulkan perubahan dari Bidang menjadi Badan atau Dinas Pendapatan.
Dikatakan Plt Kepala BKD Lebong Erik Rosadi SSTP MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Rudi Hartono SE MAk mengatakan bahwa, untuk usulan sendiri memang telah disampaikan pihaknya kepada Bagian Organisasi dan tata Laksana (Ortala) secara lisan.
"Nanti kita akan kembali menyampaikan secara tertulis atas usulan tersebut," sampainya.

Dijelaskannya bahwa, dalam usulan yang disampaikan, memang sebelumnya masih dianggap dini untuk perubahan status Bidang Pendapatan menjadi Badan atau Dinas oleh pihak Ortala. Dimana pihak Ortala sendiri meminta Bidang Pendapatan untuk meningkatkan kinerja terlebih dahulu serta yang lainnya. Seharusnya tidak serta merta harus meningkatkan kinerja terlebih dahulu, karena pihaknya masih memiliki struktur yang terbatas sehingga bagimana mau meningkatkan kinerja. Untuk saat ini, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bidang Pendapatan hanya 11 orang dengan yang terdiri dari 1 Kabid 3 orang Kepala Sub Bagian (Kasubit) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Kasibid Pajak dan Retrebusi dan 1 lagi Kasubit yang menangani masalah laporan, sisahnya staf di masing-masing bagian.
"Jika sudah berubah Bidang atau Dinas maka jumlah pegawai akan bertambah dan peningkatan kinerja akan dapat dilakukan," jelasnya.

Diungkapnya bahwa, jika sudah menjadi Dinas atau Badan maka nantinya struktur di dalamnya akan jelas seperti ada Bidang Pendataan dan penetapan, ada Bidang Penagihan, Bidang regulasi dan bidang lainnya. Dimana setiap bidang akan memiliki minimal 2 Kasubdit dan staf. Dengan demikian nantinya bisa bekerja secara baik dan maksimal sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain itu juga untuk saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong harus terintegrasi data pajak sistem yang ada dengan melaporkannya pertri wulan, sementara saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) untuk IT menjalankan sistem yang ada masih sangat kurang.
"Jika telah menjadi Badan atau Dinas maka akan ada inovasi untuk mengembangkan sistem," tandasnya. (CE4)

KLIK JUGA ICON MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: