Inspektorat Tetap Pantau Dana BOS

Inspektorat Tetap Pantau Dana BOS

CE ONLINE - Inspektur pada Inspektorat Rejang Lebong, Zulkarnain SH menyampaikan jika pihaknya tetap melakukan pemantauan atau monitoring terhadap jalannnya penggunaan dan realisasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ada di Rejang Lebong. Dimana memang dengan perubahan mekanisme tersebut, pihaknya sendiri mengurangi porsi dalam pengawasan.
"Untuk pengawasan kita kurangi porsinya, namun untuk monitoring dan pemantauan tetap dilaksanakan," sampai Zul.
Menurutnya jika porsi tersebut dikurangi, pasalnya sistem pelaporan yang sudah by aplikasi tersebut sudah meminimalisir adanya kesalahan dokumen dalam pelaporan untuk dana BOS, sehingga ikut meminimalisir adanya temuan dari anggaran tersebut, dengan itu maka hanya dilakukan monitoring.
"Namun tetap saja, jika memang ada pihaknya tidak lanjuti," ungkapnya.
Terlebih jika memang adanya laporan yang masuk pada pihaknya, tentu saja pihaknya akan telusuri dan akan tindak lanjuti penyalahgunaan anggaran tersebut dilapangan. Hal ini juga dikurangi saat ini karena keterbatasan jumlah APIP di Rejang Lebong.
"Jika ada yang merasa ada sekolah yang menyalahi, laporkan dan kita akan tindak lanjuti, karena kendati langsung dari pusat, anggaran tersebut tetap tercatat dalam anggaran Rejang Lebong yang perlu dipantau dan ada pertanggung jawaban," terangnya.
Serta dikatakannya jika saat ini pihaknya sendiri bukan hanya pada pengawasan, namun juga memberikan pembinaan kepada seluruh OPD atau instansi yang berkaitan dengan pihaknya dalam pelaporan dan pengawasan penggunaan anggaran di Rejang Lebong, untuk meminimalisir temuan dan kerugian untuk negara, karena kesalahan administrasi.
"Pembinaan dan konsultasi saat ini terus kita tingkatkan, untuk mengurangi tingkat kesalahan administrasi," pungkasnya. (CE1)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: