Reses Dapil I dan IV, Usulan Didominasi Penanganan Banjir

Reses Dapil I dan IV, Usulan Didominasi Penanganan Banjir

CE ONLINE - Dari hasil reses yang dilakukan masing-masing anggota DPRD Rejang Lebong di Daerah Pemilihan (Dapil) IV dan I tahun 2021 ini, dominasi usulan yang disampaikan masyarakat rata-rata lebih pada pananganan banjir yang kerap melandah sejumlah wilayah Rejang Lebong.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua I Surya ST yang melakukan reses serap aspirasi di Kantor Kecamatan Curup Tengah bersama dengan 8 dewan lainnya sudah mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat yang meminta solusi penanganan banjir di Rejang Lebong.
"Awal tahun ini karena didominasi dengan hujan, dan ada persoalan yang menahun harus dituntaskan, yakni infrastruktur penanganan banjir disejumlah wilayah di Rejang Lebong ini," sampainya.

Foto Bersama Anggota DPRD Dapil I Bersama Perwakilan OPD dan Kecamatan

Dikatakannya, yakni untuk yang pertama yakni keluhan banjir yang rutin terjadi di Gang Cokro dan juga jalan Talang Rimbo Lama yang tingginya sampai setengah meter. Sehingga perlu adanya solusi yang cepat dan jitu untuk penanganannya. Dimana hal ini sebelumnya pihaknya sudah ajukan untuk adanya master plan perencanaan untuk drainase yang akan mengurangi jalur air, sehingga tidak seluruhnya turun ke Gang Cokro dan juga Talang Rimbo Lama.
"Ditambah dengan banjir atau genangan air yang juga kerap terjadi saat hujan di kelurahan Tempel Rejo, namun untuk yang Tempel Rejo ini kewenangan provinsi, namun tetap saja ini akan kita koordinasikan pada tingkat provinsi Bengkulu," katanya.

Bukan hanya itu saja dalam reses ada persoalan lain yang juga diusulkan masyarakat yakni, persoalan lampu jalan banyak dikeluhkan warga. Seperti jalan lintas antara kelurahan Air Bang dan desa Air Merah yang sudah bertahun-tahun gelap gulita.
"Lampu jalan sudah masuk dalam pengusulan di tahun sebelumnya, namun harus ditunda karena terkendala dengan adanya wabah covid-19, sehingga anggaran Rejang Lebong mengalami pemangkasan, termasuk juga didalamnya untuk lampu jalan tersebut," terangnya.

Sayangnya lampu jalan ini, bukan hanya pengadaan yang masih kurang, namun banyak sekali ulah oknum yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan pencurian aki dari lampu yang sudah ada, sehingga lampu yang ada juga tidak dapat dimanfaatkan, lantaran akinya dicuri. Namun apapun itu pihaknya akan tetap mengupayakan apa yang menjadi usulan masyarakat untuk dipenuhi.
"Tidak dapat kita penuhi dalam satu tahun, maka akan kita penuhi secara bertahap," ungkapnya.

Selain itu adapula usulan yakni peningkatan jalan hotmix dan Pagar Kuburan serta Kantor Lurah Talang Rimbo Baru juga menjadi harapan warga agar segera diperbaiki. Serta berkenaan dengan persoalan program Guru Agama Desa (GAD) yang selama 2 bulan terakhir honor mereka belum dibayar.
"Yang honor ini akan masuk dalam APBD Perubahan tahun ini, untuk bisa dibayarkan," ujarnya.

Untuk DPRD Rejang Lebong Dapil IV sendiri yakni Surya ST (PDIP - Wakil Ketua I DPRD RL), Edy Irawan HR (Demokrat - Wakil Ketua II), M Ali ST (Gerindra - Ketua Komisi III DPRD RL), Hidayatullah (PKS - Ketua Komisi I DPRD RL, Juwita Astuti (PAN - Anggota Komisi I DPRD RL), Putra Mas Wigoro SE SH MH (Perindo - Anggota Komisi II DPRD RL), Wahono SP (Golkar - Anggota Komisi III DPRD RL), Lukman Effendi (Golkar - Anggota Komisi II DPRD RL), Sanusi Pane (PKB - Anggota Komisi I DPRD RL). Yang mana telah merespon usulan masyarakat sesuai dengan tupoksi kinerja mereka masing - masing dalam komisinya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah utusan OPD Rejang Lebong. Yakni, Camat Curup Tengah Zulkarnain, Kadis Dinsos RL Zulfan Effendi, Kadis Dinkes RL Syamsir dan Kabid Perumahan dan Pemukiman Dinas PUPR RL Wilujeng Sri Wahyuni. Selain itu dihadiri pula oleh beberapa Lurah dan ratusan perwakilan warga dari masing – masing kelurahan dan desa di wilayah Dapil IV.

Usulan Penanganan Banjir Juga Disampaikan Warga Dapil I

Dalam reses yang dilakukan dewan Dapil I Rejang Lebong, yakni Curup, Curup Utara, Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya, di Rejang Lebong juga banyak yang mengusulkan tentang solusi dari DPRD Rejang Lebong dalam penanganan banjir yang kerap terjadi dikecamatan tersebut. Mulai dari Air Rambai Kecamatan Curup, Pelabuhan Baru Kecamatan Curup, Sukawati Kecamatan Curup, dan Desa Dari Pulau yang nyaris gagal penen akibat banjir.
"Kita juga sejauh ini masih dengan dominasi penanganan banjir, mulai dari pengerukan drainase sampai pembuatan drinase baru, namun ada yang kewenangan kita, dan ada yang tidak atau milik provinsi Bengkulu, namun ini akan kita tetap bawah sebagai pokir dewan, untuk dilanjukan ke provinsi Bengkulu," sampai anggota DPRD Rejang Lebong Arpantoni.

Dikatakannya hal ini memang perlu dilakukan, dimana sejauh memang sangat merugikan masyarakat juga mengkhawatirkan adanya korban jika tidak ditanganai, terlebih masih adanya masyarakat kita yang membuat rumah dipinggiran bantaran sungai.
"Dalam reses kami dapil I ini akan masuk prioritas kami," jelasnya.

Selain itu dalam reses dapal I ini ada juga usulan pembanguan fisik lainnya, mulai dari pembangunan kantor Camat Curup yang berada di jalan lintas Curup, sehingga sangat dinilai perlu dibangun ulang, karena menjadi kantor camat percontohan di Rejang Lebong, ditambah dengan kantor kelurahan Dwi Tunggal, Sidorejo, yang tahun sebelumnya sudah masuk, namun harus kandas karena refocusing akibat pandemi covid 19.
"Banyak usulan - usulan ini, dimana ini akan dikoordinasikan pada OPD terkait, dan akan berupaya dipenuhi," kata Ketua Komisi II DPRD Rejang Lebong Ngadiono.

Ditambah dengan usulan non fisik, mulai dari peningkatan kapasitas perangkat desa, usulan bantuan bibit berkualitas, bantuan alsintan, bantuan untuk kelompok tani. Dimana seluruh usulan tersebut sudah dicatat pihaknya dengan mengupayakan dapat dipenuhi secara bertahap, sesuai dengan prioritas dan kemampuan anggaran daerah. Pasalnya dengan pandemi yang belum berlalu saat ini, anggaran APBD Rejang Lebong dipotong oleh pemerintah pusat.
"Sehingga ini juga harus dimaklumi oleh masyarakat, jika tidak seluruh usulan mereka terpenuhi," terang Asli Ali Harapap, anggota DPRD Fraksi Golkar.

Adapun DPRD Dapil I yakni Metalia Trinainingsih, Arpantoni, Netty Yuliani, Ali Asri Harahap, Ngadiono, Guntur Utama Jaya dan Ahmad Ardiansah dan Suhardin. Dalam reses juga dihadiri oleh perwakilan DPUPRPKP, Dinas Kesehatan Rejang Lebong, PDAM Rejang Lebong, DPMD Rejang Lebong, Dinas Pertanian dan Peternakan, Camat Curup, dan jajaran lurah serta kades dimasing - masing kecamatan dapil tersebut. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: