Siapkan Regulasi Rp 100 Juta Per Desa, DPMD Study Banding ke Palembang

Siapkan Regulasi Rp 100 Juta Per Desa, DPMD Study Banding ke Palembang

CE ONLINE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong sedang menyiapkan regulasi terkait dengan program bantuan UMKM Rp 100 juta perdesa/ kelurahan. Hanya saja pihak DPMD hanya mencari regulasi untuk bantuan yang ke desa saja. Pasalnya untuk bantuan Kelurahan sendiri berada pada naungan pemerintah daerah.
"Dengan harapan ketiga anggaran disiapkan maka regulasi juga sudah siap untuk menjadi payung hukumnya," sampai Kadis PMD Rejang Lebong Suradi Rifai, kemarin di Rejang Lebong.

Pihaknya akan melihat formula dalam bentuk bantuan ini diberikan. Pasalnya jika dimasukan pada anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) maka tidak akan pas jumlah yang diinginkan, atau dengan kata lain tidak komplit Rp 100 juta bisa diberikan. Hal ini lantaran dalam Formula hitungan ADD perdesa sudah jelas dalam aturannya.
"Dimana ada kali - kalinya tersendiri, salah satunya dilihat dari jumlah masyarakat yang ada didesa tersebut," jelasnya.

Sehingga regulasi ini memang cukup matang terlebih dahulu disiapkan pihaknya, dengan tujuan tidak menjadi persoalan dikemudian hari. Pasalnya berurusan dengan anggaran negara tentu saja harus jelas dan tepat, sehingga tahun ini digunakan pihaknya untuk mematangkan regulasi tersebut terlebih dahulu.
"Karena ini juga akan diluncurkan tahun depan, jadi tahun ini kita godok regulasi sampai ke teknisnya terlebih dahulu," ungkapnya.

Termasuk pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan kunjungan atau stady banding ke Pemprov Palembang terlebih dahulu. Palembang dinilai sudah memberikan program tersebut pada desa yang ada diwilayah tersebut, sehingga kita Rejang Lebong akan melihat regulasi disana seperti apa, untuk menjadi contoh atau penduan yang nantinya akan dimodivikasi dan disesuaikan dengan potensi yang ada di Rejang Lebong.
"Semoga tujuan baik ini untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan, serta mengurangi pengguran di Rejang Lebong dapat terealisasi dengan tepat dan memberikan dampak yang besar untuk perekonomian Rejang Lebong," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: