Kembangkan Potensi Wisata Desa

Kembangkan Potensi Wisata Desa

CE ONLINE - Pemerintah Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang, siap mengembangkan potensi wisata Desa. Ini mengingat Desa Air Meles Atas memiliki banyak titik air terjun yang bisa dijadikan sebagai pemasukan desa.
"Di desa kita ada banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan, salah satunya wisata air terjun. Bahkan ada sekitar 7 titik air terjun. Hanya saja ada beberapa titik yang sering kering apabila musim kemarau tiba," sampai Kades Air Meles Atas, Samsul Bahrun ketika diwawancara CE kemarin (1/8).

Samsul mengatakan, rencana Pemdes hanya ada dua titik air terjun yang nantinya akan diperjuangkan untuk wisata. Air terjun tersebut yakni Air Terjun Neak (Jembatan Kalong) dan Air Terjun Air Merah.

Diketahui bahwa, kedua air terjun itu sempat dikelola sebelumnya oleh warga dan dibuka untuk umum.
"Waktu itu sudah dikelola sama warga secara pribadi ya. Untuk yang Air Tejun Neak sekarang ini jadi sepi pengunjung pertama sudah tidak dikelola lagi sama pemiliknya, kemudian pernah ada kejadian setahun yang lalu. Ada salah seorang pengunjung yang sedang asyik foto-foto, kemudian tertangkap dikameranya penampakan (mahkluk halus). Nah sejak saat itulah pengunjung mulai sepi," katanya.

Dirinya melanjutkan, jika nanti dua lokasi wisata tersebut telah mendapat izin dari warga setempat karena lokasinya yang berada dan melintasi perkebunan warga, maka akan dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Air Meles Atas.
"Rencananya dalam waktu dekat ini akan kami musyawarahkan lagi dengan warga yang lahannya terdampak langsung oleh objek wisata. Disitu kami akan meminta izin, dan setelah semuanya sepakat, maka akan langsung kami garap," ujarnya.

Desa wisata dibentuk untuk memberdayakan masyarakat sekitar, agar dapat berperan sebagai pelaku langsung sektor wisata di wilayahnya. Selain itu desa wisata juga bertujuan untuk menggerakkan ekonomi lokal, menjaga tradisi dan budaya, dan menjaga lingkungan tetap alami. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: