Kebutuhan Donor Darah 300 Kantong, Tempo 1 Bulan

Kebutuhan Donor Darah 300 Kantong, Tempo 1 Bulan

CE ONLINE - Kebutuhan donor darah di Kabupaten Rejang Lebong saat ini tergolong tinggi. Hal itu dibuktikan dengan stok darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Rejang Lebong yang sering kosong.
"Pasien yang membutuhkan donor darah bisa dikatakan cukup tinggi di daerah kita Rejang Lebong. Bisa dilihat disini tabel stok darah kita sedang kosong. Namun apabila terdapat situasi darurat atau urgent, maka akan kami usahakan," sampai Komandan Sibat UDD PMI, Mardiani ketika diwawancara CE kemarin (15/8).

Pihaknya menerangkan, adapun kebutuhan donor darah setiap bulannya yakni sekitar 300 kantong. Artinya kebutuhan untuk setiap tahunnya kurang lebih ada di angka 3.600 kantong darah.
"Kalau hitungan perharinya tidak bisa kita pastikan. Ketika kondisi normal di kisaran 10 kantong, namun juga bisa lebih sampai 15 kantong darah," terangnya.

Meskipun demikian, dirinya menuturkan bahwa kebutuhan donor darah tidak dapat langsung dikukuhkan jumlahnya sekian dan sekian. Menurutnya, akan ada masa dimana kebutuhan donor darah sedang mengalami fase naik dan turun atau fluktuasi.
"Makanya dalam sehari tidak bisa dipastikan berapa yang disalurkan, sesuai dengan kebutuhan pasien," tuturnya.

Mardiani menyebutkan kebutuhan golongan darah di Kabupaten Rejang Lebong, paling banyak pada golongan darah A, B dan O. Sedangkan pada golongan darah AB kebutuhannya sedikit, hal itu dikarenakan pasien yang memiliki golongan darah tersebut juga sedikit.
"Nah kalau golongan darah A, B, dan O pendonor nya banyak, pasien yang membutuhkan juga banyak. Jadinya berimbang," sebutnya.

Sebagai penutup Mardiani menambahkan, penyuplaian donor darah tidak hanya dilakukan di daerah sendiri saja. Akan tetapi juga membantu menyuplai ke luar daerah, seperti Kabupaten Kepahiang.
"Kita juga pernah beberapa kali menyuplai darah ke RSUD Kepahiang," tutupnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: