Armada Angkutan Sampah Masih Kurang, 8 Kecamatan Belum Terlayani

Armada Angkutan Sampah Masih Kurang, 8 Kecamatan Belum Terlayani

CE ONLINE - Armada pengangkut sampah yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong masih kurang. Diketahui sebanyak 8 kecamatan belum terlayani dalam hal pengangkutan sampah.

Demikian disampaikan Kepala DLH Kabupaten Rejang, Drs. Darmansyah, MM melalui Kasi Pengelolaan Sampah, H. Subari mengakui hal tersebut ketika dikonfirmasi CE, Rabu (8/9) kemarin.
"Kami menyadari bahwa armada yang DLH punya saat ini belum beroperasi secara maksimal. Dalam artian masih banyak kecamatan yang belum terjangkau, lantaran jumlah armada yang ada sangat terbatas bahkan kurang," sampainya.

Adapun wilayah kecamatan yang baru terjangkau pihaknya diantaranya Kecamatan Curup, Kecamatan Curup Utara, Kecamatan Curup Tengah, Kecamatan Curup Selatan, Kecamatan Curup Timur, Kecamatan Selupu Rejang, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).
"Jadi baru 7 kecamatan yang terlayani dari 15 kecamatan di Rejang Lebong. Nah untuk Kecamatan PUT itu juga belum bisa maksimal, karena armada yang digunakan dikirim dari kita di Dinas. Sehingga operasi yang dilakukan hanya sepekan sekali," terangnya.

Subari merincikan armada pengangkut sampah yang saat ini ada dan beroperasi. Dum truk 11 unit, ada 1 unit yang tidak beroperasi lantaran rusak. Loader 1 unit aktif beroperasi. Buk doser 1 unit aktif beroperasi. Amroll truk 4 unit, 2 unit diantaranya rusak. L 300 sebanyak 2 unit dan 1 unit rusak. Mega carry 2 unit aktif beroperasi. Motor gerobak roda tiga sebanyak 9 unit aktif beroperasi.

Dalam upaya meningkatkan kualitas operasi pemungutan sampah, pihaknya tengah berupaya untuk mengajukan bantuan kepada pemerintah daerah berupa 2 unit dum truk. Dimana perkiraan anggaran mencapai angka Rp 481 juta.
"Semoga saja usulan tersebut direstui. Dan jika benar direstui maka dua unit dum truk itu satunya akan kita letakkan di Kecamatan Binduriang untuk mengcover wilayah lembak. Kemudian satunya lagi untuk membantu armada pengangkut sampah di area kota dan sekitarnya," pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: