Dewan Optimis Program SPP Gratis Bisa Terwujud

Dewan Optimis Program SPP Gratis Bisa Terwujud

CE ONLINE - DPRD Provinsi Bengkulu meyakini Program Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) gratis di Provinsi Bengkulu dapat diwujudkan. Seperti diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, H. Zainal S.Sos M.Si, salah satunya dapat diwujudkan dengan mengefektifkan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) oleh masing-masing sekolah, maka Ini sebagaimana diungkapkan .
"SPP gratis ini, harus kita koordinasikan lagi. Baik dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemprov, begitu juga dengan Forum Komunikasi Komite (FKK) SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta Provinsi Bengkulu," ungkap beberapa waktu yang lalu kepada wartawan koran ini.

Menurut Zainal, pihaknya menyakini SPP gratis bisa diwujudkan, salah satunya dengan mengefektifkan penggunaan dana BOS itu sendiri yang tentunya dilakukan masing-masing sekolah.
"Pengefektifan ini terlebih dahulu harus dilakukan. Baru setelah itu kita bicara kekurangan untuk mencukupi kebutuhan operasional sekolah didanai APBD," ujarnya.

Sama-sama diketahui, kebutuhan masing-masing sekolah itu tidak sama. Contohnya, ada sekolah itu yang setiap tahunnya memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) sekolah dan ada juga yang tidak. Kemudian ada juga yang sekolah ada semacam kegiatan perpisahan dengan siswa, tapi ada juga yang tidak. Tentu saja kondisi ini menyebabkan adanya perbedaan kebutuhan.
"Sehingga tidak bisa kita perlakukan sama. Begitu juga terhadap penggunaan dana BOS, cukup atau tidaknya untuk masing-masing sekolah juga relatif. Pada prinsipnya, kita mendukung program SPP gratis. Keberadaan Komite Sekolah tetap penting ketika program ini direalisasikan, karena Komite Sekolah bisa berperan mencari sumbangan pihak ketiga," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri menyampaikan, dalam realisasi program SPP gratis ini, langkah pertama yang dilakukan memang pengefektifan penggunaan dana BOS. Ketika sudah dipastikan efektifas dari dana BOS, barulah kekurangannya kita alokasikan dari APBD. Baik bersumber dari DAU ataupun DAK.
"Terkait sumbangan dari wali murid, selagi tidak membebani para wali murid, kita rasa ya silakan saja. Tapi yang jelas terkait SPP gratis ini kita susun terlebih regulasinya. Karena dalam penerapannya nanti dibutuhkan regulasi, sehingga nantinya ada acuan bagi kita saat realisasi program tersebut," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: