Kendalikan Kehamilan di Masa Pandemi, DP3APPKB Kembali Lakukan Pelayanan KB

Kendalikan Kehamilan di Masa Pandemi, DP3APPKB Kembali Lakukan Pelayanan KB

CE ONLINE - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Rejang Lebong, tengah berusaha mengendalikan angka kehamilan di masa pandemi Covid 19 yang saat ini masih melanda. Upaya itu dilakukan dengan akan kembalinya digelar pelayanan peserta Keluarga Berencana (KB).
"Kami saat ini tengah melakukan zoom meeting bersama Dinas Kesehatan, PPK dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dimana itu bertujuan untuk menyepakati proses pelaksanaan kegiatan layanan KB yang sedang dirancang. Jadi nanti setelah Juknis dan Juklak nya ada, kami akan rapatkan kembali kapan waktu pelaksanaannya. Yang jelas itu dalam waktu dekat ini," sampai Kepala DP3APPKB Kabupaten Rejang Lebong, Rosita, M.H kepada wartawan, Selasa (28/9)

Pihaknya juga memberikan beberapa imbauan khususnya bagi pasangan usia subur (PUS), agar dapat memperhatikan kondisi kesehatan baik secara fisik maupun psikis atau kejiwaan.
"Kami mengimbau kepada pasangan usia subur (PUS) mengendalikan kehamilannya. Dari sisi kesehatan fisik dan psikis, ibu hamil dan bayinya berpotensi lebih rentan karena kondisi emosional sang ibu yang bisa saja berubah dampak pandemi," katanya.

Menurut Rosita, adanya anjuran Work From Home (WFH), social distancing dan physical distancing membuat PUS banyak menghabiskan waktu di rumah. Sehingga kemungkinan besar terjadi peningkatan angka kehamilan.
"Atas dasar itulah kami berencana untuk kembali menggelar layanan KB yang nantinya akan dilaksanakan di seluruh puskesmas se Kabupaten Rejang Lebong," terangnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: