234 Km Jalan Provinsi Rusak

234 Km Jalan Provinsi Rusak

CE ONLINE - Sepanjang 234 Km jalan diwilayah Provinsi Bengkulu mengalami kerusakan yang tersebar di wilayah kabupaten dan kota. Ini sebagaiamana diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Drs. H. Sumardi MM, Kamis (7/10) kemarin.
"Jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Bengkulu dari total panjangnya 1.379 Kilometer (Km), dan 243 Km diantaranya mengalami kerusakan," ungkapnya.

Menurutnya, dibutuhkan anggaran setiap tahunnya mencapai Rp 500 miliar untuk perbaikan jalan provinsi yang mengalami kerusakan. Sementara, setiap tahun anggaran Pemprov mengusulkan kepada DPRD Provinsi untuk biaya pemeliharaan jalan provinsi memang belum maksimal.
"Pada tahun 2021 saja contohnya, dari Rp 425 miliar anggaran dana untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), hanya sekitar Rp 95 miliar peruntukkan pemeliharaan jalan. Sedangkan selebihnya untuk bidang lain," sampainya.

Termasuk pada tahun depan, rancangannya kurang lebih anggaran untuk pemeliharaan jalan sekitar Rp 97 miliar. Padahal idealnya untuk perbaikan jalan provinsi jika ingin dalam kondisi baik, minimal diangka Rp 400 miliar sampai 500 miliar setiap tahunnya.
"Pemprov bersama DPRD sudah maksimal berbuat, karena memang untuk mewujudkan, selain karena keterbatasan anggaran ditambah lagi Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun ini juga dipotong pemerintah pusat sekitar Rp 70 miliar. Sehingga perbaikan jalan yang dilakukan secara bertahap, dengan tetap mengedepankan skala prioritas setiap tahunnya," ujarnya.

Lebih jauh ia menyebutkan, kerusakan jalan provinsi terjadi, disamping kualitas jalan provinsi berbeda dengan daerah lain, juga salah satu penyebab muatan angkutan yang melebihi tonase kekuatan jalan. Untuk itu, solusi menutup anggaran yang masih minim, dikatakan, bisa saja dari pembahasan bersama Pemprov nanti mencarikan anggaran dana pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum bersifat prioritas, dialihkan untuk biaya penanganan perbaikan jalan yang rusak.
"Jika berbicara mendesak untuk diperbaiki, memang benar. Tapi tentu kita bersama Pemprov akan mencarikan dananya dulu. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih maksimal anggaran untuk perbaikan jalan," pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: