Penerima Gas Gratis Difinalkan Bulan Ini

Penerima Gas Gratis Difinalkan Bulan Ini

CE ONLINE - Pemeritan Daerah (Pemda) Provinsi Bengkulu menargetkan pendataan penerima bantuan gas LPG 3 Kilogram (Kg) tuntas dalam bulan ini. Ini sebagaimana diungkapkan Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Yuliswani prihal salah satu janji politik Gubernur Rohidin Mersyah dan Wakil Guberur Rosjonsyah itu.
"Kita meminta kepada kabupaten kota untuk segera menyelesaikan pendataan penerima. Akan bagus lagi, jika akhir bulan ini selesai," ungkap Yuliswani.

Diketahui bahwa, peruntukan bantuan gas LPG 3 Kg ini diperuntukkan bagi dua kelompok masyarakat. Yakni masyarakat kurang mampu dan pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) sesuai dengan data RT setempat.
"Lebih cepat kan lebih baik, kalau bisa selesai dalam dua mingguan ini yang lebih baik lagi. Kita juga sedang mengurus izin dari kementerian untuk program ini dan Insyaallah dalam waktu dekat selesai," ujarnya.

Lebih jauh Yuliswani mengatakan, pihaknya juga menggandeng Dinas Sosial, Dinas perindustrian dan perdagangan, serta ESDM Provinsi Bengkulu untuk kolaborasi dalam mendata agar tidak salah sasaran. Untuk kriteria masyarakat yang akan mendapatkan tabung elpiji 3kg ini, lanjutnya, adalah masyarakat kurang mampu ataupun usaha mikro yang memang membutuhkan bantuan tabung gas.
"Jadikan datanya nanti, tidak tumpang tindih. Masing masing ada kriteria untuk penerima bantuan elpiji ini," sampainya.

Disamping pendataan ini, pihaknya juga terus mengawasi dan berupaya menekan adanya kelangkaan elpiji 3 Kg. Untuk itu, Pemprov Bengkulu meminta agar pemerintah kabupaten kota ikut mengawasi distribusi LPG 3 kg ini, hingga ke tingkat RT.

Dimana Yuliswani menilai jika kelangkaan selama ini disebabkan oleh distribusi gas melon yang tidak tepat. Maka dari itu pihaknya meminta untuk kabupaten kota mendata siapa yang berhak mendapatkan gas LPG 3 Kg ini.
"Sesuai prioritas nya yakni UKM kecil dan keluarga kurang mampu. lni juga libatkan aparat desa hingga RT untuk memantau distribusinya," kata Yuliswani.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri menyampaikan untuk memastikan bahwa bantuan elpiji 3 kg dalam realisasinya, tepat sasaran. Maka pihaknya terus berkoordinasi dengan stekholder terkait, terutama berkenaan dengan data penerima bantuan juga untuk segera menyelesaikan pendataan penerima.
"Jadi akhir November itu SK Gubernur calon penerima tabung gas 3kg beserta isinya se Provinsi Bengkulu sudah ada," singkatnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: