Banggar Pastikan Ada Rasionalisasi Anggaran

Banggar Pastikan Ada Rasionalisasi Anggaran

CURUPEKSPRESS.COM, BENGKULU - Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi memastikan rasioalisasi anggaran pasti dilakukan pada RAPBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2022. Ini sebagaimana diungkapkan Anggota Banggar DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi S.Ip MM, Senin (15/11) kemarin.

Dikatakannya, Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Bengkulu melakukan pembahasan RAPBD tahun depan, diketahui defisit anggaran mencapai Rp 78,70 miliar.
"Sebagaimana diketahui dalam RAPBD tahun depan, pendapatan daerah sebesar Rp 2,76 triliun. Sedangkan belanja Rp 2,83 triliun," sampai Edwar, Senin (15/11) kemarin.

Dengan demikian, terdapat defisit anggaran Rp 78,70 miliar. Edwar menyebutkan, memang defisit anggaran itu dibolehkan, dengan catatan tidak lebih dari 3 persen dari total RAPBD.
"Meskipun demikian untuk defisit tersebut, pasti kita kurangi nanti. Untuk pengurangannya tentu saja kita bahas bersama TAPD," ujarnya.

Edwar berpendapat, salah satu langkah untuk mengurangi defisit, yakni dengan melakukan rasionalisasi anggaran. Sehingga bisa jadi nantinya ada anggaran kegiatan yang dikurangi.
"Untuk jelasnya, apa saja anggaran kegiatan yang bakal dikurangi, kita tunggu hasil pembahasan bersama," kata Edwar.

Sebelumnya dalam paripurna, Juru Bicara Banggar ini menyampaikan, Banggar dan TAPD sepakat dan menyetujui stuktur RAPBD TA 2022. Selain itu pihaknya merekomendasikan bahwa RAPBD hasil pembahasan ini, dapat dilanjutkan pada tahap pembicaraan tingkat kedua, yakni pendapat akhir masing-masing fraksi DPRD dan pengambilan keputusan.
"Kita juga menyarankan agar kedepan Pemprov melalui OPD dalam penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) untuk melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi dalam upaya peningkatan PAD. Kemudian Pemprov diminta untuk memegang teguh amanat Raperda APBD tahun depan, dengan mengimplementasikannya secara nyata melalui program dan kegiatan yang telah direncanakan," pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: