27.053 Anak Bakal di Vaksin, Dikbud Kumpulkan Kepsek

27.053 Anak Bakal di Vaksin, Dikbud Kumpulkan Kepsek

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong menggelar acara rapat koordinasi persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid 19 yang menyasar kelompok usia 6 sampai 11 tahun.

Kegiatan ini dihadiri oleh Polres RL, Kodim 0409, Disdukcapil RL, seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta, Kasi Madrasah Kemenag RL, dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah.

Dalam sambutannya, Kepala Disdikbud RL, Reza Pakhlevie, SH menyampaikan target vaksinasi kelompok usia 6 sampai 11 tahun sebanyak 27.053 anak. Target sasaran tersebut diupayakan dapat rampung dalam waktu dua pekan.
"Jumlah itu akan kami upayakan rampung dalam waktu yang sudah ditetapkan," sampainya.

Diterangkannya, vaksinasi anak ini dilaksanakan di masing-masing sekolah. Adapun jumlah SDN di RL yakni sebanyak 176 sekolah. Ia juga mengatakan dalam vaksinasi anak ini juga tidak ada unsur paksaan, jika yang bersangkutan benar memiliki masalah tertentu sehingga tidak dapat menerima vaksin.
"Jadi ada alasan yang jelas ketika anak itu tidak mau atau tidak ingin divaksin, misal ada riwayat penyakit tertentu yang memang akan membahayakan kesehatan si anak," terangnya.

Adapun terkait persyaratannya umum seperti membawa Kartu Keluarga (KK) yang dalam hal ini juga anak didampingi oleh orang tua ataupun walinya.
"Jadi kita minta orang tuanya ikut mendampingi sang anak," bebernya.

Di sisi lain Kepala Dinkes RL, Syahfawi, SKM menuturkan, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid 19 yang menyasar kelompok usia 6 sampai 11 tahun ini menggunakan istilah imunisasi anak. Tujuannya agar mengurangi rasa cemas ataupun rasa takut pada anak.
"Ini sebagaimana yang dikatakan Bapak Gubernur kita untuk memakai istilah imunisasi," ucapnya.

Lanjut Syafahwi, adapun jenis vaksin yang digunakan dalam segmen anak ini adalah Coronavac merupakan vaksin produksi Bio Farma dengan bahan baku sinovac. Ini lantaran dosis yang terdapat di dalamnya tergolong rendah, sehingga efek samping yang ditimbulkan pun ringan.
"Jadi menyesuaikan dengan daya tahan tubuh anak," pungkasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: