Program TKN Pembina Berfokus Pada Minat Siswa

Program TKN Pembina Berfokus Pada Minat Siswa

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebagai salah satu TK penggerak yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Meski sekarang belum masuk 100%, semua kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh TK Negeri Pembina berfokus pada minat siswa.

Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan kurikulum TK Negeri Pembina sebagai TK penggerak. Dimana dalam kurikulum tersebut memang siswa dituntut untuk aktif dalam segala bidang kegiatan pembelajaran. Sebagai Kepala TK Negeri Pembina, Suharti M.Pd menyampaikan meskipun saat ini TK yang dirinya pimpin siswanya masih belum bisa masuk 100%. Akan tetapi semaksimal mungkin dirinya akan tetap menjalankan program pembelajaran sesuai dengan program yang TK penggerak.
"Memang saat ini kita agak kurang efektif melaksanakan pembelajaran, akan tetapi sesuai program TK penggerak, pembelajaran tetap harus berpusat pada minat siswa," sampainya.

Dirinya juga menyampaikan, meskipun sebagai TK penggerak pusat pembelajarannya berfokus pada siswa untuk lebih aktif. Para guru juga diharapkan harus bisa mengarahkan para siswa agar bisa lebih kreatif dan aktif, serta bernalar kritis. Hanya saja proses program pembelajarannya tetap harus sesuai dengan minat para siswa.
"Meskipun semua pembelajaran berpusat pada siswa, sebagai guru yang mendampingi pun kami harus tetap bisa mengarahkan siswa kami untuk tercapainya tujuan pembelajaran," sampainya kembali.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan hampir selevel dengan pembelajaran Sekolah Dasar (SD). Karena siswa TK Negeri Pembina sudah menjalankan program seperti menanam tumbuh-tumbuhan dan kacang-kacangan, serta mengawasi proses pertumbuhannya dan merawat nya langsung.
"Untuk materi pembelajaran yang dimiliki oleh TK penggerak mungkin hampir selevel dengan SD, Karena tk kami ada program menanam tumbuh-tumbuhan dan kacang-kacangan yang dilaksanakan oleh para siswa," ujarnya.

Disisi lain dirinya sangat berharap agar kedepannya TK Negeri Pembina ini mutunya akan terus meningkat sesuai dengan program-program yang dimiliki saat ini. Dan juga dirinya pun sangat mengharapkan agar para guru yang mengajar terus meningkatkan kompetensinya.
"Harapan saya TK Negeri Pembina bisa meningkatkan terus mutunya, didukung dengan kompetensi guru yang terus meningkat," singkatnya. (CW3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: