13 Sekolah Jadi Sekolah Penggerak

13 Sekolah Jadi Sekolah Penggerak

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebanyak 13 sekolah di Rejang Lebong lulus seleksi tahap dua program sekolah penggerak (PSP). Dimana disampaikan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong bahwa 13 sekolah baru yang menjadi sekolah penggerak tersebut sudah melalui berbagai ujian seleksi.

Adapun 13 sekolah yang dimaksud diantaranya untuk jenjang satuan pendidikan terendah TK Negeri Pembina Selupu Rejang. Untuk jenjang SD diantaranya SDN 80, SDN 163, SDN 132, SDN 166, SDN 20, SDN 62, SDN 61, SDN 37 dan SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong.

Selanjutnya untuk jenjang SMP diantaranya, SMPN 23, SMPN 6 dan SMPIT Khoiru Ummah.
"Itulah daftar nama-nama sekolah penggerak di tahun 2022 ini. Jadi tidak hanya sekolah negeri tapi swasta juga bisa jadi sekolah penggerak," sampai Kadis Dikbud Rejang Lebong, Reza Pakhlevie, SH kepada CE.

Disisi lain untuk bisa menjadi sekolah penggerak, kepala sekolah harus mengikuti tahapan ujian yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Tahap pertama ujian tertulis yang dilaksanakan secara online (daring), kemudian apabila lulus masuk ke tahap kedua yakni wawancara.

Tidak sampai disitu saja, setelah sekolah dinyatakan lulus dari kedua tahapan ujian tersebut, maka sekolah akan kembali mengikuti pleno yang diadakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bengkulu. Dengan tujuan, menambah nilai yang kurang dari hasil ujian sebelumnya.
"Untuk bisa mengikuti PSP ini tidak ada batasan, dalam artian semua sekolah bisa mengikuti," terangnya.

Sementara perbedaan antara sekolah penggerak dengan sekolah biasa sambungnya, secara umum sekolah penggerak memiliki kegiatan yang lebih banyak ketimbang sekolah biasa. Ini karena kegiatan sekolah penggerak telah diatur oleh Kemendikbud.

Sebagai contoh kegiatannya adalah kegiatan bullying yang tentu tidak ada di sekolah biasa.
"Pada intinya kegiatan mereka lebih ekstra dan sudah diatur oleh Kementerian langsung," pungkasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: