SD “Bupati” Nyaris Runtuh

SD “Bupati” Nyaris Runtuh

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Kondisi bangunan ruang kelas dan ruang guru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 34 Rejang Lebong yang ada di Desa Pungguk Lalang Kecamatan Curup Selatan, nyaris runtuh.

Diketahui SDN 34 RL tersebut merupakan tempat Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Efendi MM menempuh pendidikan waktu kecil. Namun dilihat dari kondisi bangunannya yang sekarang, SDN 34 RL sudah lama tidak diperhatikan.

Informasi diperoleh wartawan, nyaris runtuhny bangunan SDN 34 RL ini wajar saja terjadi. Karena SD ini didirikan pada tahun 1936, dan baru mengalami satu kali perehaban, yakni sekitar 20 tahun yang lalu. Itupun hanya perbaikan tembok dan lantai saja.

Disampaikan oleh Kepala SDN 34 Rejang Lebong, Rumiati S.Pd kondisi gedung mulai nampak memprihatinkan dan sudah bobrok sejak 2 tahun lalu. Namun karena jumlah lokal yang ada sangat terbatas, ruang kelas tersebut masih digunakan untuk Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM).
"Dengan keadaan rungan yang sekarang, kami selalu was-was dan khawatir dengan anak-anak saat melaksanakan KBM, namun dengan keterbatasan ruang kelas, mau tidak mau ruangan tetap digunakan," ujar Kepsek.

Dirinya juga menyampaikan, sekolah sudah beberapa kali mengajukan proposal kepada pemerintah terkait untuk perbaikan. Dan beberapa waktu lalu sempat direspon, namun hingga saat ini belum bisa direalisasikan karena sekolah tidak memiliki lokasi yang memadai untuk pembangunan.
"Beberapa tahun lalu sempat ada wacana ingin dibangun sekolah kami, namun hingga saat ini belum terealisasikan," terangnya.

Rumiati juga menyampaikan, dari 6 rombel yang ada saat ini, sekolah hanya menggunakan 5 ruang belajar yang digunakan oleh siswa secara bergantian, dimana ada 1 ruang kelas juga dijadikan kantor oleh pihak sekolah.
"Memang sejak berdiri hingga sekarang, sekolah belum memiliki kantor tetap untuk para guru," ujarnya.

Oleh sebab itu dirinya berharap agar SDN 34 Rejang Lebong mendapatkan perhatian dari pemerintah terkait, dan juga bisa dibangun ulang.
"Saya sangat berharap sekolah kami bisa dibangun, agar para siswa bisa belajar lebih efektif dan lebih nyaman. Karena pendidikan ini kan sangat penting dan juga diharapkan bisa meningkatkan SDM yang ada di Indonesia, terutama di Kabupaten Rejang Lebong," pungkasnya. (CW3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: