116 Mahasiswa UPP Dibantu Beasiswa KIP

116 Mahasiswa UPP Dibantu Beasiswa KIP

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebanyak 116 mahasiswa baru Universitas Pat Petulai (UPP) Rejang Lebong, pada tahun 2022 ini mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia pintar (KIP) dari pemerintah pusat. Dimana 116 mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang telah diseleksi oleh pihak kampus berdasarkan klasifikasi mahasiswa yang kurang mampu yang memiliki prestasi.

Disampaikan oleh Warek II UPP Rejang Lebong Fitri Lestari Zami SP.MSi, mahasiswa yang mendapat beasiswa KIP tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan akreditasi UPP saat ini masih C, oleh sebab itu beasiswa yang didapat UPP lebih sedikit dibanding kampus besar lainnya.
"Kampus kami akreditasinya masih C, oleh sebab itu berdasarkan peraturan yang ada beasiswa KIP yng didapat hanya sedikit. Namun saat ini kami sedang dalam upaya meningkatkan dan memperbaiki akreditasi," ujar Fitri.

Adapun beasiswa yang diberikan tersebut merupakan program dari pemerintah untuk setiap kampus dalam mewujudkan generasi muda berpendidikan. Jadi mahasiswa yang kuliah dan menerima beasiswa KIP tersebut bisa melaksanakan perkuliahan hingga selesai tanpa mengeluarkan uang pribadi.
"Untuk setiap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa KIP ini akan mendapat uang sebesar 4,8 juta setiap semester untuk keperluan kuliah, dan juga dibebaskan dari pembayaran semesteran oleh pihak kampus," sampai Fitri.

Meski demikian, masih ada beberapa siswa yang mengundurkan diri dari program beasiswa KIP tersebut. Hal tersebut dikarenakan beasiswa KIP ini sifatnya mengikat, maksudnya setiap siswa wajib mengikuti peraturan yang ditentukan oleh pemerintah.
"Untuk penerima beasiswa KIP ini wajib mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Jadi setiap mahasiswa yang menerima beasiswa KIP ini wajib mengikuti perkuliahan hingga wisuda, dan juga dilarang menikah sebelum tamat dari UPP ini. Jadi mahasiswa diminta untuk fokus belajar," terang Fitri.

Fitri juga sangat mengharapkan dengan banyaknya beasiswa yang ada di UPP ini, akan menambah minat masyarakat untuk masuk ke UPP Rejang Lebong. Karena selain beasiswa KIP, UPP juga memiliki beasiswa UKT, dana desa, dan juga beasiswa lainnya. Dirinya juga menyampaikan saat ini sekitar 90 persen mahasiwa UPP melaksanakan pendidikan melalui program beasiswa.
"Semoga mahasiswa kita semakin banyak lagi, agar SDM masyarakat Rejang Lebong ini lebih baik lagi kedepannya. Karena untuk saat ini kampus kita banyak beasiswanya," pungkas Fitri. (CW3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: