Cuaca di RL Panas Sepekan Terakhir, BPBD Belum Dapat Informasi BMKG

Cuaca di RL Panas Sepekan Terakhir, BPBD Belum Dapat Informasi BMKG

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebagaimana diketahui, suhu udara atau cuaca dalam waktu sepekan terakhir ini terasa lebih panas dari sebelumnya. bahkan hampir tidak terjadinya turun hujan. Apakah ini pertanda musim penghujan sudah berakhir? Disisi lain pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong menginformasikan bahwa bisa jadi ini tanda akan memasuki awal musim kemarau.
"Memang betul dalam sepekan bahkan lebih ini cuaca di daerah kita terasa panas, tidak menutup kemungkinan musim penghujan yang beberapa bulan terakhir kita rasakan akan selesai," sampai Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Rejang Lebong, Shalahuddin. 

Kalak melanjutkan, pihaknya belum mendapat informasi secara resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca atau suhu panas yang melanda wilayah Rejang Lebong akhir-akhir ini.
"Info resminya kami belum terima dari BMKG, soal pernyataan saya di atas itu hanya sebatas perkiraan saja," katanya. 

Oleh sebab itu sambung Kalak, pihaknya akan segera menghubungi dan berkoordinasi dengan BMKG untuk memperoleh informasi yang aktual dan jelas. Namun lanjutnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, awal musim kemarau mulai terjadi pada saat memasuki bulan Maret hingga April. 
"Itu kalau kita melirik pada pengalaman yang sudah-sudah. Tapi bisa jadi juga perkiraan itu tidak tepat. Yang jelas kita tunggu saja informasi yang detail dari BMKG," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat Rejang Lebong, di tengah cuaca dan suhu panas yang kini tengah terjadi jangan membakar sampah sembarangan. Bukan tanpa alasan, hal itu bisa memicu kebakaran lahan. Sebab suhu panas dan ditambah angin bisa memperbesar api. 
"Jadi walaupun sedang bakar-bakar sampah, tetap dilihat dan pastikan lokasinya jauh dari rumah atau peralatan yang bisa terbakar," pungkasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: