Soal Pelaksanaan PPG Dikbud Minta Guru PAI Sabar

Soal Pelaksanaan PPG Dikbud Minta Guru PAI Sabar

CURUP EKPRESS.COM, PENDIDIKAN - Berkenaan dengan pelaksanaan pendidikan profesi guru (PPG) untuk guru pendidikan agama islam (PAI) yang sudah lulus pretest PPG di Kabupaten Rejang Lebong sejak tahun 2019 lalu. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong belum bisa memastikan terlaksananya PPG tahun 2022 ini.

Disampaikan Kadis Dikbud Rejang Lebong, Rezza Pakhlevie SH jika saat ini anggaran dana untuk melaksanakan PPG itu benar-benar belum ada. Dan untuk itu dirinya juga sedang memikirkan solusi agar para guru PAI yang sudah lulus pretest PPG tahun ini segera melaksanakan PPG.
"Harusnya pelaksanaan PPG guru PAI tersebut menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) maupun anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), namun dikarenakan anggaran saat ini tidak ada, mau tidak mau pelaksanaan PPG ditunda," ujar Rezza.

Sambung Rezza, berdasarkan pembicaraannya kepada guru-guru terkait, para guru PAI yang akan melaksanakan PPG ini siap menggunakan dana mandiri, tapi karena hal tersebut menyalahi aturan, jadi tidak bisa direalisasikan.
"Dari 32 guru PAI yang tinggal melaksanakan PPG ini, kami tidak masalah kalau mereka mau menggunakan dana pribadi, tapi hal tersebut menyalahi aturan, jadi tidak bisa direalisasikan," terang Rezza.

Lebih jauh Rezza menyampaikan, bisa saja pelaksanaan PPG menggunakan dana mandiri, dengan cara dilaksanakan perubahan anggaran dalam pelaksanaan PPG, namun waktunya sudah sangat tanggung.
"Kita bisa saja melakukan perubahan anggaran untuk pelaksanaan PPG, namun melihat kondisi yang sekarang waktunya sudah tidak memungkinkan," ucap Rezza.

Untuk itu Rezza berharap, agar para guru PAI yang akan melaksanakan PPG masih bisa bersabar menunggu, karena pihaknya akan meminta petunjuk terlebih dahulu kepada bupati maupun dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong, terkait pelaksanaan PPG.
"Kami akan meminta petunjuk terlebih dahulu kepada pemerintah Kabupaten Rejang Lebong terkait pelaksanaan PPG, karena yang namanya PPG ini memang penting dan harus segera dilaksanakan," tukasnya. (CE3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: