Kepsek dan Bendahara Ikuti Bimtek BOS 2022

Kepsek dan Bendahara Ikuti Bimtek BOS 2022

CURUP EKSPRESS.COM, PENDIDIKAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi semua Kepsek dan bendahara sekolah.

Disampaikan Kadis Dikbud Rezza Pakhlevie melalui Ketua Satuan Kerja (Satker) Dana BOS Rejang Lebong Deri Efendi S.Pd MM, kegiatan bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepala sekolah tentang pengelolaan BOS di sekolah, meningkatkan kemampuan bendahara BOS dalam pelaksanaan tata kelola administrasi keuangan sekolah, baik itu pengelolaan arkas, pengelolaan keuangan online, maupun pajak yang harus dibayar sekolah bisa dijalankan dengan benar.
"Kami ingin setiap sekolah bisa menggunakan dana BOS sesuai dengan juklat dan juknis yang tertera dan sudah ditetapkan secara benar, dan tidak ada sekolah yang menggunakan BOS keluar dari rel nya," ujar Deri.

Sambung Deri, jika ada sekolah yang menyalahgunakan dana BOS yang sudah diatur untuk tata cara penggunaanya, maka sebagai penanggung jawab dirinya akan memberikan sanksi kepada sekolah yang sudah melanggar aturan yang ada.
"Kami selaku penanggung jawab akan memantau terus perihal penggunaan dana BOS tersebut, jika ada yang melanggar kami akan memanggil dan meproses hal tersebut hingga lurus, dan jika memang permasalahannya tidak bisa ditolerir, makan kami akan menyerahakan hal itu kepada pihak yang berwenang," terangnya.

Disisi lain pihaknya berharap, agar setelah melaksanakan bimtek BOS, tidak ada lagi sekolah yang keluar dari jalur yang ditetapkan.
"Harapan kami semua sekolah di Rejang Lebong bisa menggunakan dana BOS sebaik mungkin, sesuai dengan aturan juklat dan juknis yang ditetapkan," ucapnya.

Lebih jauh Deri juga menyampaikan, kegiatan bimtek yang dilaksanakan Dikbud tersebut diikuti oleh semua sekolah tingkat SD dan SMP yang ada di 15 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Rejang Lebong, dan akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni hari pertama 8 kecamatan yang ada di wilayah Curup,Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya, dan dilaksanakan SDN 7 RL, sedangkan hari kedua akan diikuti 7 kecamatan yang ada diwilayah PUT, Binduriang , dan sekitarnya, yang akan dilaksanakan di SDN 25 RL.
"Untuk pelaksanaan kami laksanakan selama 2 hari, dan diikuti oleh sekolah yang ada di 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, yang terdiri dari 426 peserta yang merupakan kepala sekolah dan bendahara BOS," sampainya.

Selain itu, untuk mempertegas perihal masalah hukum kepada semua peserta, pada bimtek tersebut Dikbud mengundang perwakilan dari kejaksaan dan inspektorat untuk mengisi materi.
"Sengaja kami mengundang pihak Kejaksaan Negeri RL dan pihak Inspektirat pada bimtek, agar apa yang disampaikan di bimtek bisa dijalnkan sebaik mungkin oleh sekolah," tukasnya. (CE3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: