Miris! Masih Ada ODGJ Dipasung

Miris! Masih Ada ODGJ Dipasung

CURUP EKSPRESS.COM, LEBONG - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sukau Datang mencatat jika dalam Kecamatan Pelabai saat ini terdapat 14 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Dikatakan Kapus, Syaiudi S Kep dari 14 ODGJ tersebut 11 diantaranya dalam gejala ringan dan 3 lainnya dengan gejala berat yang saat ini kondisinya dipasung oleh pihak keluarga.
"Untuk 3 ODGJ yang dipasung oleh keluarga ini, semua berjenis kelamin laki-laki," ujarnya.

Menurut Kapus, bahwa petugas setiap bulannya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para pasien ODGJ di wilayah kerja Puskesmas Sukau Datang.
"Hanya saja pemeriksaan rutin yang kami lakukan itu masih belum maksimal dikarenakan jatah obat yang kami terima ini masih terbatas. Pastinya hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan pasien ODGJ," ucapnya.

Sementara itu, mengenai 3 orang pasien ODG yang dirantai pada bagian kaki oleh pihak keluarga tersebut. Syaudi menegaskan bahwa pihaknya sudah sering mencoba berkordinasi dengan pihak keluarga pasien, agar bisa dibebaskan dan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Bengkulu. Hanya saja, pihak keluarga pasien menolak dengan berbagai alasan.
"Terkhusus untuk 3 orang ODGJ yang dirantai oleh pihak keluarga pasien ini, kami bersama pihak RSJ Kota Bengkulu sudah pernah membujuk keluarga pasien agar mengizinkan pasien dirawat di RSJ. Akan tetapi pihak keluarga menolak dengan berbagai macam alasan," tegasnya.

Menurutnya, agar penanganan pasien ODGJ khusunya yang dalam kondisi terpasung dapat dilakukan dengan maksimal, pihaknya berharap penanganan pasien ODGJ tidak hanya dilakukan oleh pihak kesehatan saja, tapi harus dilalukan secara bersama mulai dari pemerintah desa, kelurahan, dinas Sosial, aparat keamanan hingga pihak keluarga pasien itu sendiri.
"Kalau dari pihak kesehatan itu hanya sebatas memberikan pengobatan dan mendata pasien-pasien ODGJ saja. Sedangkan untuk penanganan pasien bebas pasung, tentu harus dilakukan secara bersama agar program bebas pasung yang telah di targetkan pemerintah ini bisa berjalan maksimal, " demikian Syaudi. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: