Edukasi Pendamping, Minimalisir Penyimpangan Bansos

Edukasi Pendamping, Minimalisir Penyimpangan Bansos

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong pada Jumat (25/3) kemarin menggelar kegiatan sosialisasi yang memberikan edukasi kepada seluruh koordinasi kecamatan (Korcam) yang ada di daerah itu.

Kepala Dinsos Rejang Lebong, Gusti Maria menerangkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk pengawasan pihaknya dalam proses penyaluran bantuan sosial (Bansos) khususnya dalam Program Keluarga Harapan (PKH).
"Kita ingatkan lagi para korcam agar benar-benar mengawasi bansos-bansos terkhusus PKH kepada masyarakat," sampai Kadis.

Lebih lanjut Kadis menjelaskan, ada banyak isu yang beredar di masyarakat tentang penyaluran bansos, seperti adanya pemotongan, pengarahan ke BRILink tertentu dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagai bentuk antisipasi Dinsos agar hal-hal tersebut tidak terjadi lagi di kemudian hari, Dinsos juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui banner-banner yang terpasang di tempat-tempat penyaluran bansos.
"Jadi selain melalui para korcam, kita juga edukasi masyarakat melalui banner dan spanduk di beberapa tempat penyaluran bansos tersebut," katanya.

Lanjut Kadis, tujuannya tidak lain agar masyarakat mengerti dan paham bahwa mereka tidak bisa diatur-atur oleh pihak lain yang tidak berwenang. Seperti mengarahkan pencairan bansos ke BRILink tertentu, atau ada pemotongan jumlah bantuan yang diterima oleh keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi PKH saja sambungnya, namun juga untuk seluruh bansos yang telah diprogramkan oleh pemerintah untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.
"Intinya pengawasan diperketat lagi untuk seluruh program bansos," ujarnya.

Kadis juga menambahkan, dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh para korcam sebanyak 20 orang. Yang mana korcam tersebut nantinya akan memberikan penjelasan kepada para KPM dibawah pengawasannya.
"Karena merekalah yang bersentuhan dan berkomunikasi langsung dengan para KPM," tukasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: