8 Kecamatan Ajukan Pencairan DD

8 Kecamatan Ajukan Pencairan DD

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Saat ini baru 8 Kecamatan di Rejang Lebong yang desanya sudah mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap I. Jumlah tersebut berhasil direkap per Kamis (14/4) lalu oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa PMD Kabupaten Rejang Lebong.
"Artinya masih ada 7 kecamatan lagi yang desanya belum mengajukan berkas DD ke PMD," sampai Kadis PMD Rejang Lebong, Suradi Rifai, SP M.Si melalui Kabid Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa, Bobby H Santana, S.STP.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dari 8 kecamatan tersebut total berkas pencairan DD yang diterima PMD saat ini sebanyak 44 berkas.
"Memang sudah semakin banyak yang mengajukan, sekarang ada 44 desa yang berkasnya di kantor PMD," kata Bobby.

Dirinya memaparkan, 5 desa asal Kecamatan Sindang Dataran, 4 desa asal Kecamatan Binduriang, 6 desa asal Kecamatan Bermani Ulu Raya, 6 desa asal Kecamatan Sindang Beliti Ulu, 5 desa asal Kecamatan Curup Selatan, 8 desa asal Kecamatan Selupu Rejang, 5 desa asal Kecamatan Padang Ulak Tanding, 3 desa asal Kecamatan Bermani Ulu, dan 2 desa asal Kecamatan Sindang Kelingi.
"Jadi totalnya 44 desa," ucapnya.

Lebih jauh Bobby menjelaskan, pada tahap I ini pencairan DD yang diterima desa sebesar 40 persen. Adapun batas akhir pencairan DD tahap I ini hingga akhir bulan Juni mendatang. Dengan demikian, pihaknya juga meminta Pemerintah Desa (Pemdes) yang belum mengajukan berkas DD untuk segara melaksanakannya.
"Mumpung masih diawal-awal, lebih cepat lebih baik," bebernya.

Masih dikatakannya, dalam proses pencairan DD, dana tersebut langsung ditransfer dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD).

Ditambahkannya, adapun pengajuan DD tahap II paling cepat bulan Maret lalu, Pemdes sudah bisa mengajukan berkasnya.
"Tapi sejauh ini yang kita lihat baru beberapa Pemdes saja baru mengantongi DD tahap I, artinya masih lama untuk pengajuan tahap II," tukasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: