Mantap! 2 Desa Usul jadi Desa Wisata

Mantap! 2 Desa Usul jadi Desa Wisata

ST/CE Salah satu wisata buatan di Desa Kali Padang RL--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pasca Desa Belitar Seberang (Belirang) Kecamatan Sindang Kelingi masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Kondisi ini membuat desa-desa lain pun berlomba untuk menjadi desa wisata dan bisa bersaing dalam ajang tersebut.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata pada Dinas Pariwisata (Dispar) RL, Leni Kurniati menyebut, baru-baru ini setidaknya ada 2 desa diwilayahnya yang mengusulkan untuk menjadi desa wisata.

Diantaranya Desa Kayu Manis dan Desa Kali Padang Kecamatan Selupu Rejang.


"Belum lama ini kami baru menerima 2 berkas pengajuan desa wisata yang keduanya dari kecamatan yang sama, yakni Selupu Rejang," sampainya.

Leni menjelaskan, berkas proposal yang diajukan kedua desa tersebut sudah memenuhi syarat dan ketentuan.

Bahkan dirinya menilai kedua desa itu memiliki potensi besar untuk ditetapkan sebagai desa wisata baru di Kabupaten RL, karena memiliki sejumlah potensi.

"Setelah kami lihat proposalnya, kedua desa itu memang memiliki potensi yang bagus," ujar Leni.

Dilanjutkannya, adapun potensi wisata yang dimiliki Desa Kali Padang saat ini antara lain air terjun, wahana sepeda gantung dan permadani terbang. 

Sedangkan potensi wisata yang dimiliki dan ditawarkan Desa Kayu Manis yakni Air Terjun Sumpel yang indah dan dapat memanjakan mata bagi yang melihatnya, ketinggian air terjun itu hampir 50 meter.


"Dengan potensi wisata yang dimiliki, mereka optimis bisa jadi salah satu desa wisata dibuktikan dengan pengusulan berkas ke Dispar," ucapnya.

Tambah Leni, dalam hal ini Pemkab RL tidak pernah menunjuk suatu desa untuk menjadi desa wisata.

Akan tetapi desa itu sendiri yang berinisiatif dan berlomba-lomba mengembangkan potensi wisata yang dimiliki untuk bisa menjadi desa wisata.

Ditambahkannya, sejauh ini Pemkab RL sudah memiliki sebanyak 23 desa wisata.

Sumber: