Mulai Terapkan Absensi Barcode

Mulai Terapkan Absensi Barcode

DOC/CE SMAN 6 Kepahiang --

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Para guru dan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kepahiang saat ini mulai menggunakan absensi dengan menggunakan barcode.

Penerapan absensi menggunakan barcode tersebut mulai di laksanakan pada semester genap pada tahun ajaran 2021/2022 kemarin.

Disisi lain absensi mengunakan barcode tersebut pertama kalinya di terapkan untuk mengurangi kontak fisik secara langsung yang biasanya di lakukan ketika melaksanakan absensi secara manual, karena dikhawatirkan akan menjadi salah satu media penyebaran Coronavirus disiase 2019 (Covid 19) di lingkungan sekolah ini. 

"Syukur alhamdulillah absensi mengunakan barcode di sekolah kita sudah berjalan dengan baik, hal tersebut sudah kita mulai pada tahun kemarin di semester genap," sampai Kepala SMAN 6 Kepahiang, Renni Yourneli A S Pd M Pd kepada CE pada Senin (25/7) disekolahnya. 

Dikatakan Kepsek untuk bisa melaksanakan absensi tersebut, masing - masing siswa dan guru harus memiliki barcode. Dan untuk bisa memiliki barcode tentu saja mereka harus mempunyai Account yang terhubung dengan sekolah.

"Kegiatan mengabsensi siswa ataupun guru tersebut setiap harinya dilakukan oleh guru piket dengan menscan barcode dari Smartphon masing - masing siswa serta guru serta bagi mereka yang tidak memiliki Smartphone maka harus mencetak barcode mereka masing - masing sehingga nantinya bisa di scan langsung oleh guru piket," ungkap Kepsek. 

"Yang pastinya absensi mengunakan barcode tersebut memiliki keuntungan tersendiri seperti bisa di lakukan secara cepat, mengurangi kontak fisik secara langsung, serta meminimalisir kecurangan atau perubahan pada absensi kehadiran," tambahnya.

Sumber: