Sekolah Tertinggal Hanya di UPT PUT

Sekolah Tertinggal Hanya di UPT PUT

DOC/CE Deri Efendi--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten REJANG LEBONG menyebut keberadaan sekolah yang termasuk dalam kategori 3T. Yaitu Terluar, Tertinggal, Terdepan hanya berada di unit pengelola teknis (UPT) wilayah Padang Ulak Tanding (PUT).

Seperti wilayah kecamatan Kota Padang, Sindang Beliti Ulu (SBU), Sindang Beliti Ilir (SBI). Hal tersebut berdasarkan keputusan dari Kementerian pusat yang menentukan sejumlah wilayah tersebut termasuk katagori sekolah 3T. 

Adapun ditetapkan wilayah tersebut tergolong 3T karena memang letak wilayah beberapa sekolah tersebut berada jauh dari pusat Kota sehingga sangat memungkinkan sekolah - sekolah tersebut tergolong 3T.

 "Sejauh ini untuk satuan pendidikan di Kabupaten RL sendiri hanya ada wilayah tertentu yang tergolong 3T tersebut yakni sekolah - sekolah yang berada wilayah UPT PUT seperti Wilayah Kecamatan PUT, SBI, SBU, serta Kota Padang, dan wilayah tersebut sudah menjadi keputusan Kemendikbud RI yang menetapkan beberapa sekolah di wilayah tersebut dalam katagori 3T," ungkap Sekretaris Dikbud RL, Deri Efendi pada Jumat (29/7) kemarin.

Dikatakan Deri Kalau untuk jumlah siswa dari masing - masing sekolah tersebut semuanya relatif, yang pastinya sejauh ini berdasarkan laporan dari pelaksanaan PPDB yang dilakukan oleh masing - sekolah semuanya mendapatkan siswa, hanya saja jumlah siswa yang diperoleh untuk masing - masing sekolah tersebut tidak sama, hal ini dikarenakan saat ini anak usia 6 - 7 tahun di RL sangatlah sedikit serta, banyaknya sekolah swasta yang berbasis Islam Terpadu (IT) di RL sangat mempengaruhi minat siswa untuk bersekolah di sekolah negeri.

 "Artinya untuk bisa meningkatkan minat siswa untuk memilih melanjutkan kesekolah - sekolah negeri tersebut semuanya tergantung dari strategi dari masing - masing sekolah dalam memperkenalkan sekolahnya," ujar Deri. 

Lanjut Deri, sejauh ini sekolah yang ada di kabupaten RL yakni sebanyak 187 SD sedangkan untuk SMP ada 57 sekolah yang harus di perhatikan oleh pihaknya dan sudah barang tentu dari jumlah semua sekolah tersebut akan mendapat perhatian semuanya dari pihaknya, hanya saja perhatian tersebut seperti pembanguan sarana prasarana dan sebagainya tersebut hanya bisa di lakukan secara bertahap. 

"Setiap tahunnya untuk satuan pendidikan di Kabupaten REJANG LEBONG pasti mendapatkan bantuan, hanya saja bantuan tersebut tidak bisa kita kucurkan kepada seluruh satuan pendidikan di RL. Semua sekolah pasti akan dibantu hanya saja waktunya tidak sama," pungkas Deri.

Sumber: