Siap-siap! Tahun Ini Ada Sensus Pertanian

Siap-siap! Tahun Ini Ada Sensus Pertanian

DOK/CE Kantor BPS Rejang Lebong.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rejang Lebong, tahun ini bakal kembali menggelar sensus pertanian.

Dimana sensus pertanian tersebut akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 mendatang.

"Tahun ini bakal ada sensus pertanian, dimana itu nanti akan mencakup seluruh Indonesia baik perkotaan maupun desa. Dan penyelenggaraannya juga dilakukan seluruh kabupaten/ kota," ucap Kepala BPS Kabupaten Rejang Lebong, Rialdo Eka Putera.

Dirinya menjelaskan, dalam upaya melakukan pemetaan masalah pertanian dan pangan, pihaknya akan menerjunkan puluhan bahkan mungkin ratusan petugas.

BACA JUGA:OPD Diminta Segera Tayangkan RUP 2023

BACA JUGA:Pemakai Ganja Ngaku Baru Pakai Sebulan

Lewat sensus pertanian ini nantinya diharapkan mampu menjawab isu global, seperti ketahanan pangan, kualitas dan keamanan pangan serta keberlanjutan dan tantangan seputar pangan.

"Para petani yang ada di Rejang Lebong akan di data beserta usianya dan juga menghitung seberapa banyak regenerasi petani yang terjadi secara nasional," tuturnya.

Rialdo menyampaikan, sebelum sensus pertanian digelar ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan.

Diantaranya seperti mempersiapkan gladi bersih sensus pertanian 2023 dengan perencanaan yang lengkap, pengolahan, analisa, diseminasi, monitoring kualitas dan post enumeration survei.

BACA JUGA:Saat Ini Baru 6 OPD Sampaikan LPPD

BACA JUGA:1 Ekor Kucing Hutan Dilepas, Sempat Dipelihara Warga Tempel...

Kemudian melakukan pemutakhiran geospasial dan uji coba survei ekonomi pertanian.

"Setelah nanti survei pertanian itu dilaksanakan, maka data pokok akan dihasilkan, sehingga menjawab isu-isu strategis terkini pada sektor pertanian," jelasnya.

Sumber: