Kurang Minum Air Putih? Siap-siap Penyakit Ginjal Menyerang

Kurang Minum Air Putih? Siap-siap Penyakit Ginjal Menyerang

IST/CE Penyakit ginjal yang diakibatkan kurang serapan air putih di dalam tubuh (sumber foto by google, 08/02/23)--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Beberapa orang meremehkan manfaat dari air putih dan lebih memilih soft drink yang memiliki kadar gula tinggi dan kalori.

Meskipun dalam tampilannya yang sederhana dan banyak di remehkan, air putih memiliki andil yang cukup penting di dalam tubuh kita.

Tidak hanya mengatasi haus dan dehidrasi tubuh tetapi air putih juga memiliki manfaat lainnya. Seperti menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan serta penyakit ginjal yang menghantui.

Mengkonsumsi air putih juga bisa melumasi sendi-sendi agar tetap lentur dan memberikan energi pada otot, yang menyebabkan kelelahan pada otot adalah ketidakseimbangan cairan karena kurangnya asupan air putih dalam tubuh.

Mengkonsumsi air putih juga lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan dengan kalian mengkonsumsi instan drink karena air putih dapat membantu mengendalikan asupan kalori tubuh.

Selain itu juga manfaat dari mengkonsumsi air putih mampu menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

Takaran normal supaya tidak kekurangan cairan tentunya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. 

Untuk wanita dewasa rata-rata disarankan untuk mengkonsumsi 8 gelas yang berukuran 200 ml, jika dihitung perhari bisa 1,6 liter.

Sedangkan untuk laki-laki disarankan untuk minum 10 gelas berukuran 200 ml dengan total 2 liter perhari.

Ada kondisi khusus dimana seseorang diharuskan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dibandingkan biasanya, yaitu saat berolahraga aktif, saat cuaca yang sangat panas, dalam keadaan sakit seperti mengalami demam, diare, atau muntah-muntah, dan tentunya wanita yang hamil dan sedang menyusui.

Mulai saat ini cobalah terbiasa untuk mengkonsumsi air putih karena banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. 

Saat mengkonsumsi camilan atau saat makan dibiasakan untuk menaruh gelas ataupun botol disamping anda dengan demikian anda akan terus ingat untuk minum air putih.

Altenatif lain jika hal tersebut dirasa belum efektif adalah dengan menyediakan minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan atau menambahkan irisan buah segar pada air putih yang akan di konsumsi.

Sumber: